home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dua Hal Inilah yang Memberatkan Ratna Sarumpaet hingga Dituntut 6 Tahun Penjara

Rabu, 29 Mei 2019 10:20 by reinasoebisono | 7010 hits
Dua Hal Inilah yang Memberatkan Ratna Sarumpaet hingga Dituntut 6 Tahun Penjara
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Ratna Sarumpaet yang menjadi terdakwa penyebaran berita bohong atau hoax dituntut enam tahun penjara karena jaksa menilai Ratna terbukti membuat keonaran melalui hoax penganiayaan yang diakuinya menimpa dirinya beberapa waktu lalu.

Jaksa pun menjelaskan hal-hal yang dipertimbangkan memberatkan Ratna Sarumpaet adalah, sebagai orang yang berintelektual dan seorang publik figur, Ratna justru membuat kegaduhan. Selain itu, Ratna juga disebut berbelit-belit dalam memberikan keterangan di persidangan.

"Terdakwa berusia lanjut, berintelektual serta publik figur namun tidak berperilaku baik. Perbuatan terdakwa membuat keresahan dan kegaduhan di masyarakat," kata jaksa membacakan surat tuntutan dalam sidang di PN Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Selasa (28/5).

"Terdakwa juga pernah dihukum," kata jaksa, melansir Viva.

Sedangkan hal yang meringankan pertimbangan tuntutan adalah Ratna Sarumpaet telah meminta maaf. "Sementara itu, hal yang meringankan adalah Terdakwa telah meminta maaf," kata Jaksa.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ratna Sarumpaet dengan pidana penjara selama 6 tahun dikurang selama terdakwa menjalani tahanan sementara terdakwa," kata JPU Daroe Tri Sadono

Baca juga: Pembebasan Bersyarat Ratna Sarumpaet Dengan Vonis 2 Tahun Penjara Sebelumnya

Saat membacakan tuntutan, jaksa menilai Ratna telah terbukti melakukan keonaran dengan menyampaikan informasi bohong. Ratna dinilai telah berbohong dengan menyatakan dipukuli orang di Bandung, Jawa Barat. Padahal, Ratna menjalani operasi perbaikan muka dengan dokter Sidik Setia Miharja dari RS Bina Estetika.

Informasi kebohongan disampaikan pertama kali akhir 24 September 2018 kepada stafnya. Kemudian, informasi kebohongan bahwa Ratna dipukuli disebar kepada sejumlah tokoh nasional.

Ia pun menyampaikan kabar bohong kepada sejumlah tokoh nasional seperti Amien Rais, Said Iqbal, Nanik S. Deyang, Prabowo Subianto, dan Rocky Gerung kalau dia dianiaya. Informasi tersebut disebar di media sosial sejumlah tokoh seperti Nanik S. Deyang.

Isu penganiayaan ini akhirnya baru terbukti berbohong begitu Ratna mengakui jika luka lebam di wajahnya akibat operasi plastik. Jaksa beranggapan Ratna telah melanggar dakwaan pertama, yakni melanggar Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan akan segera menghadapi pemilihan umum presiden pada 9 Maret mendatang. Tidak hanya kandidat utama yang disorot, tetapi belakangan ini skandal istri kandidat calon presiden juga menjadi perbincangan panas....
  • HOT !
    Sosial media digegerkan oleh broadcast message dan informasi meninggalnya seorang mahasiswi cantik asal Minahasa Utara yang dikabarkan meninggal dunia di Ontario, Kanada. Utamanya, kabar ini viral di Manado, Sulawesi Utara....
  • HOT !
    TC Candler merilis wajah wajah tertampan dunia tahun 2021 dengan versi lengkap via laman YouTube. Total ada 100 wajah yang ditampilkan dan pihak TC Candler juga mengungkap jika ada rekor rekor yang terpecahkan tahun ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)