home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Sri Lanka Larang Penggunaan Cadar Pasca Teror Bom Paskah

Senin, 29 April 2019 12:15 by Fikriah | 2961 hits
Pemerintah Sri Lanka Larang Penggunaan Cadar Pasca Teror Bom Paskah
Image source : kompas

DREAMERS.ID - Terkait dengan tragedi ledakan bom di Sri Lanka yang diduga didalangi oleh kelompok Jemaah Tauhid Nasional (NTJ) yang setia pada ISIS, Presiden Sri Lanka, Maithripala Sirisena mengumumkan larangan penggunaan cadar atau penutup wajah kepada warga muslimah di tempat umum yang dapat menyulitkan identifikasi, pada Minggu (28/04).

Kebijakan tersebut diumumkan satu minggu pasca terjadinya tragedi ledakan bom pada peringatan Paskah, 21 April lalu. Melansir dari AFP, Presiden Sirisena mengungkapkan bahwa larangan ini dilakukan untuk menjaga keamanan nasional dan menghindari kesulitan identifikasi wajah masyarakat. Larangan ini mulai diberlakukan pada Senin, (29/04/2019).

"Larangan ini diberlakukan untuk memastikan keamanan nasional terjaga. Tidak seorang pun harus mengaburkan wajah mereka untuk membuat identifikasi menjadi sulit," tulis pernyataan kantor Kepresidenan Sri Lanka, dikutip AFP, pada Minggu (28/04) dilansir dari CNN Indonesia.

Sirisena juga mengatakan bahwa dirinya menggunakan kewenangan darurat untuk menerapkan aturan kebijakan tersebut. Di sisi lain, pelarangan resmi ini dilakukan beberapa hari setelah ulama Islam setempat mendesak kaum perempuan Muslim untuk tidak menggunakan cadar atau penutup wajah.

Hal tersebut dilakukan karena ditengah kekhawatiran mengenai akan adanya serangan balasan. Selain itu, Pemerintah Sri Lanka juga telah menyatakan kelompok Jemaah Tauhid Nasional (NTJ) dan Jemaah Agama Ibrahim (JMI) sebagai organisasi terlarang. Pemimpinnya, Zahra Hashim, yang diduga sebagai otak serangan teror bom di Sri Lanka. Dirinya tewas dalam serangan di Hotel Shangri-La.

(fnj)

Komentar
  • HOT !
    Menteri Keuangan, Sri Mulyani sempat diundang menjadi tamu dalam podcast Deddy Corbuzier. Dalam podcast yang diunggah pada 6 Januari 2022 itu, Deddy dan Sri Mulyani berbicara soal pajak dan hal hal lain....
  • HOT !
    Tahun 2021 telah berlalu, semangat menyongsong tahun baru 2022 tentu tidak semerta merta melupakan yang lalu begitu saja. Ada banyak peristiwa terjadi di Indonesia selama perjuangan tahun kedua pandemi kemarin....
  • HOT !
    Muncul wacana jika BBM jenis Premium akan dihapuskan di tahun depan. Namun, hal ini diragukan karena walau wacana penghapusan ini telah lama muncul namun tak kunjung berjalan. Benarkah ada mafia migas atau pemburu rente impor yang menghalanginya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)