home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Sri Lanka Larang Penggunaan Cadar Pasca Teror Bom Paskah

Senin, 29 April 2019 12:15 by Fikriah | 3051 hits
Pemerintah Sri Lanka Larang Penggunaan Cadar Pasca Teror Bom Paskah
Image source : kompas

DREAMERS.ID - Terkait dengan tragedi ledakan bom di Sri Lanka yang diduga didalangi oleh kelompok Jemaah Tauhid Nasional (NTJ) yang setia pada ISIS, Presiden Sri Lanka, Maithripala Sirisena mengumumkan larangan penggunaan cadar atau penutup wajah kepada warga muslimah di tempat umum yang dapat menyulitkan identifikasi, pada Minggu (28/04).

Kebijakan tersebut diumumkan satu minggu pasca terjadinya tragedi ledakan bom pada peringatan Paskah, 21 April lalu. Melansir dari AFP, Presiden Sirisena mengungkapkan bahwa larangan ini dilakukan untuk menjaga keamanan nasional dan menghindari kesulitan identifikasi wajah masyarakat. Larangan ini mulai diberlakukan pada Senin, (29/04/2019).

"Larangan ini diberlakukan untuk memastikan keamanan nasional terjaga. Tidak seorang pun harus mengaburkan wajah mereka untuk membuat identifikasi menjadi sulit," tulis pernyataan kantor Kepresidenan Sri Lanka, dikutip AFP, pada Minggu (28/04) dilansir dari CNN Indonesia.

Sirisena juga mengatakan bahwa dirinya menggunakan kewenangan darurat untuk menerapkan aturan kebijakan tersebut. Di sisi lain, pelarangan resmi ini dilakukan beberapa hari setelah ulama Islam setempat mendesak kaum perempuan Muslim untuk tidak menggunakan cadar atau penutup wajah.

Hal tersebut dilakukan karena ditengah kekhawatiran mengenai akan adanya serangan balasan. Selain itu, Pemerintah Sri Lanka juga telah menyatakan kelompok Jemaah Tauhid Nasional (NTJ) dan Jemaah Agama Ibrahim (JMI) sebagai organisasi terlarang. Pemimpinnya, Zahra Hashim, yang diduga sebagai otak serangan teror bom di Sri Lanka. Dirinya tewas dalam serangan di Hotel Shangri-La.

(fnj)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)