home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Sri Lanka Larang Penggunaan Cadar Pasca Teror Bom Paskah

Senin, 29 April 2019 12:15 by Fikriah | 2961 hits
Pemerintah Sri Lanka Larang Penggunaan Cadar Pasca Teror Bom Paskah
Image source : kompas

DREAMERS.ID - Terkait dengan tragedi ledakan bom di Sri Lanka yang diduga didalangi oleh kelompok Jemaah Tauhid Nasional (NTJ) yang setia pada ISIS, Presiden Sri Lanka, Maithripala Sirisena mengumumkan larangan penggunaan cadar atau penutup wajah kepada warga muslimah di tempat umum yang dapat menyulitkan identifikasi, pada Minggu (28/04).

Kebijakan tersebut diumumkan satu minggu pasca terjadinya tragedi ledakan bom pada peringatan Paskah, 21 April lalu. Melansir dari AFP, Presiden Sirisena mengungkapkan bahwa larangan ini dilakukan untuk menjaga keamanan nasional dan menghindari kesulitan identifikasi wajah masyarakat. Larangan ini mulai diberlakukan pada Senin, (29/04/2019).

"Larangan ini diberlakukan untuk memastikan keamanan nasional terjaga. Tidak seorang pun harus mengaburkan wajah mereka untuk membuat identifikasi menjadi sulit," tulis pernyataan kantor Kepresidenan Sri Lanka, dikutip AFP, pada Minggu (28/04) dilansir dari CNN Indonesia.

Sirisena juga mengatakan bahwa dirinya menggunakan kewenangan darurat untuk menerapkan aturan kebijakan tersebut. Di sisi lain, pelarangan resmi ini dilakukan beberapa hari setelah ulama Islam setempat mendesak kaum perempuan Muslim untuk tidak menggunakan cadar atau penutup wajah.

Hal tersebut dilakukan karena ditengah kekhawatiran mengenai akan adanya serangan balasan. Selain itu, Pemerintah Sri Lanka juga telah menyatakan kelompok Jemaah Tauhid Nasional (NTJ) dan Jemaah Agama Ibrahim (JMI) sebagai organisasi terlarang. Pemimpinnya, Zahra Hashim, yang diduga sebagai otak serangan teror bom di Sri Lanka. Dirinya tewas dalam serangan di Hotel Shangri-La.

(fnj)

Komentar
  • HOT !
    Pada bulan Mei lalu, sidang akhir diputuskan untuk menjatuhkan vonis seumur hidup kepada ibu angkat bayi Jung In bermarga Jang. Dalam sidang banding yang digelar baru baru ini pada 26 November, hukuman tersebut diringankan menjadi 35 tahun kurungan penjara....
  • HOT !
    Sangat disarankan untuk mengemudi dalam kondisi prima, bahkan tidak dianjurkan jika mengantuk sedikit pun. Pasalnya, pengemudi bisa saja mengalami microsleep yang tidak disadari dan memicu terjadinya kecelakaan....
  • HOT !
    Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 88 Tahun 2021 yang ditetapkan sejak 21 Oktober 2021, penumpang pesawat wajib melakukan tes PCR sebelum terbang. Aturan tersebut berlaku mulai Minggu, 24 Oktober 2021....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ghassanianna
Cast : Wooyoung, Hanna (karakter fiktif), Nichkhun, 2PM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)