home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Segera Resmi Beroperasi, MRT dan LRT Masih Belum Punya Tarif Tetap

Rabu, 20 Maret 2019 17:00 by nicnov | 877 hits
Segera Resmi Beroperasi, MRT dan LRT Masih Belum Punya Tarif Tetap
image source: Tribun jakarta

DREAMERS.ID - Setelah uji coba MRT, kini ada perbincangan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) akan gratis bagi warga Jakarta. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif 2 kendaraan umum tersebut tak mungkin gratis. Sebab menurutnya, Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki dana terbatas dalam mengoperasikan MRT.

“Kelihatannya enggak (gratis). Sebagai usulan, iya saja. Karena enggak mungkin, dananya terbatas,” kata Anies di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Selasa (19/3). Anies tidak menjelaskan tentang kajian yang menyebutkan MRT dan LRT tak mungkin gratis. Namun, Pelaksana tugas Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta M. Abas menyatakan bakal mengkaji terlebih dahulu usul DPRD DKI tersebut.

Sebelumnya Komisi B DPRD DKI Jakarta mengaku sepakat mengajukan usul untuk menggratiskan tarif MRT dan LRT untuk warga DKI Jakarta. Ketua Komisi B DPRD DKI Ahmad Suhaimi mengajukan agar DKI menghapus poin penyusutan dan poin keuntungan 10 persen yang dimasukkan MRT sebagai bagian pembiayaan.

Baca juga: Catat, TransJakarta dan MRT Hanya Jalan Sampai Jam 8 Malam Mulai Hari Ini

Rencananya, MRT akan diresmikan pada 24 Maret mendatang. Namun hingga kini tarif MRT dan LRT tak kunjung di sepakati. DPRD belum menyetujui angka tarif yang diajukan Pemprov DKI Jakarta yaitu sebesar Rp 10 ribu per kilometer setelah disubsidi.

Dikutip dari laman CNN Indonesia, Direktur Keuangan dan Administrasi PT MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan, “semua yang berkaitan dengan itu adalah komponen tarif keekonomian dibagi estimasi passangers (penumpang) maka ketemulah angka Rp31.659,” pada saat rapat penentuan tarif MRT dengan Komisi B DPRD DKI Jakarta, di Jakarta, Selasa (19/3).

Sejauh ini, Pemprov DKI Jakarta mengajukan tarif Rp10ribu per kilometer untuk MRT dan Rp 6ribu untuk LRT. Dengan angka ini, MRT mengajukan subsidi sebesar Rp 625miliar dan LRT mengajukan Rp 169 miliar.

(nino)

Komentar
  • HOT !
    Terbiasa dengan pelat hitam tulisan putih di kendaraan pribadi? Nantinya hal itu akan berubah, Dreamers. Karena Korlantas Polri akan segera menerapkan perubahan warna pelat nomor kendaraan pribadi yang tentu berimbas juga pada pelat jenis kendaraan lain....
  • HOT !
    Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengonfirmasi jika nama ibu kota negara yang telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah ‘Nusantara’. Berbagai komentar pro dan kontra pun mengikuti pengumuman ini....
  • HOT !
    Selain menjadi tahun penuh tantangan, ada sederet momen memprihatinkan yang menambah perjuangan perjalanan 2021. Mulai dari bencana alam, hingga hilangnya moda transportasi besar nasional....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)