home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Deretan Fakta-fakta Terkait Ledakan Bom di Rumah Terduga Teroris Abu Hamzah

Rabu, 13 Maret 2019 12:45 by nicnov | 638 hits
Deretan Fakta-fakta Terkait Ledakan Bom di Rumah Terduga Teroris Abu Hamzah
image source: Tribun kaltim

DREAMERS.ID - Pada Selasa (12/03) pukul 14.50 WIB, bom meledak si rumah yang berlokasi di Jl KH Ahmad Dahlan, Gang Sekuntum, Pancuran Bambu, Sibolga, saat tim Densus 88 Antiteror sedang melakukan operasi penangkapan terduga teroris Abu Hamzah.

Bom tersebut dikabarkan melukai seorang warga dan seorang anggota polisi. Sedangkan sang istri dan anak dari Abu Hamzah diduga masih berada di dalam rumah saat sedang berlangsung proses negosiasi penangkapan. Dilansir dari laman detik, berikut beberapa fakta mengenai ledakan bom sibolga:

Penangkapan Abu Hamzah

Abu Hamzah merupakan anggota jaringan terduga teroris RIN alias Putra Syuhada (PS) yang ditangkap di Lampung. Kepada wartawan, Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal mengatakan, “Memang diduga terkait dengan jaringan PS yang di Lampung kemarin.” Selasa (12/3/2019).

Polisi masih belum memaparkan mengenai bom meledak dirumah Abu Hamzah, apakah termasuk sengaja diledakkan atau tidak ketika sedang proses penggeledahan rumah terduga teroris Abu Hamzah.

Bom Meledak di Sibolga

Ledakan di Sibolga, Sumatera Utara itu berasal dari rumah terduga teroris Abu Hamzah. Peristiwa tersebut terjadi pada saat polisi hendak melakukan penangkapan terhadap terduga teroris, Husain alias Abu Hamzah, pada pukul 14.23 WIB, Selasa (12/3/2019).

“Saat akan dilakukan pengecekan awal di rumah pelaku, sekitar pukul 14.50 WIB terjadi bom meledak yang melukasi petugas,” ucap Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal saat dimintai konfirmasi mengenai bom yang meledak pada hari Selasa itu.

Terdengar Ledakan Bom ‘Susulan’

Baca juga: Pemerintah Sri Lanka Tangkap 40 Orang Tersangka Bom, Jumlah Korban Tewas Bertambah

Bom meledak saat tengah berupaya meminta istri Abu Hamzah untuk menyerahkan diri.  Dikutup dari laman detikcom  Rabu (13/3/2019), ledakan terdengar hingga 2 kali di lokasi. TKP yang berada di Gang Sekuntum, Sibolga, Sumatera Utara itu dipenuhi oleh asap.

Istri Abu Hamzah Meledakkan Diri

Polri menyebutkan istri terduga teroris Abu Hamzah meledakkan diri pada dini hari tadi dirumahnya di Sibolga, Sumatera Utara, “Info dari lapangan, istri meledakkan diri sekitar pukul 02.00 WIB,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (13/3/2019).

Lokasi Ledakan Bom Disteril

Lokasi istri Abu Hamzah meledakkan diri kini tengah disterilisasi. Polisi juga tengah melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara), “Saat ini tim sedang laksanakan sterilisasi. Olah TKP dan evakuasi terduga pelaku peledakan (istri dan anak),” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan pada Rabu (13/3/2019).

Berafiliasi dengan ISIS

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan terduga teroris yang ditangkap pada Densus 88 Antiteror di Sibolga dan Lampung merupakan jaringan yang berafiliasi dengan ISIS.

“Mereka adalah kelompok yang berafiliasi dengan paham-paham ISIS,” ucap Tito setelah menghadiri kegiatan silahturahmi di Pondok Pesantren Al-Kautsar di Medan, Sumatera Utara, Selasa (12/3/2019).

Terduga teroris Abu Hamzah ini disebut polisi sebagai jaringan dari Jamaah Ansharut Daulah (JAD), “Pelaku Jaringan JAD yang berafiliasi dengan ISIS,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal.

(nino)

Komentar
  • HOT !
    Jakarta dan sekitarnya digegerkan oleh gempa yang terjadi di Lebak, Banten dengan magnitude 6.7 skala richter. Berbagai foto dan video memperlihatkan kepanikan warga terutama yang beraktifitas di Gedung gedung tinggi berhamburan keluar....
  • HOT !
    Selain menjadi tahun penuh tantangan, ada sederet momen memprihatinkan yang menambah perjuangan perjalanan 2021. Mulai dari bencana alam, hingga hilangnya moda transportasi besar nasional....
  • HOT !
    Indonesia dikabarkan akan menerapkan peraturan pemberlakuan micro lockdown demi menangkal virus COVID 19 varian Omicron. Namun, istilah ini sebenarnya merujuk pada PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) mikro yang sempat berjalan di samping penerapan PPKM berlevel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)