home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Darurat Kasus DBD Sudah 600-an, Inilah Daerah Paling Banyak Terserang di Jakarta Selama Januari 2019

Selasa, 29 Januari 2019 14:39 by reinasoebisono | 926 hits
Darurat Kasus DBD Sudah 600-an, Inilah Daerah Paling Banyak Terserang di Jakarta Selama Januari 2019
Image source: IDN Times

DREAMERS.ID - Kasus Demam Berdarah Dengue atau DBD yang kini marak terjadi jangan dibiarkan dan harus ada peran aktif baik dari pihak terkait maupun inisiatif masyarakat. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti pun mengatakan sudah ada sekitar 600 kasus DBD selama Januari 2009.

Tepatnya di angka 631 kasus dan meski belum berstatus Kejadian Luar Biasa, Dinas Kesehatan DKI mencatat jika wilayah Jakarta Selatan menjadi yang terbanyak terserang DBD dengan 231 kasus. Sementara Jakarta Pusat menjadi wilayah paling sedikit alami DBD selama 27 hari terakhir dengan 23 kasus.

Di daerah lain seperti Jakarta Timur terdapat 169 kasus, Jakarta Barat 153 kasus dan Jakarta Utara 37 kasus. Dari para pasien, kelompok usia yang terserang DBD mengalami pergeseran dari tren tiga tahun terakhir.

"Untuk usia terserang adalah anak-anak sekolah antara 7-15 tahun dengan yang tertinggi 14-15 tahun. Artinya, mengalami pergeseran di mana selama tiga tahun terakhir di usia 7-12 tahun," ujarnya.

Baca juga: Resmi, ASN DKI Jakarta Dilarang Ambil Cuti Natal-Tahun Baru

Namun jika melihat dari tahun sebelumnya, 613 kasus dalam 27 hari adalah angka yang cukup tinggi jika dibandingkan selama 2018 dengan 2.947 kasus dan pada 2017 dengan 3.362 kasus. "Namun tak lebih tinggi dari 2016 dengan 20.432 kasus dan 14 kematian," jelasnya.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta sudah melakukan sejumlah kegiatan untuk mengantisipasi peningkatan kasus demam berdarah di DKI Jakarta, seperti peningkatan sistem kewaspadaan dini penyakit web berbasis DBD, pengasapan, peningkatan peran Jumantik di tiap wilayah, hingga menginstruksikan fasilitas kesehatan untuk deteksi dini tata laksana kasus DBD.

Namun, sejumlah langkah mandiri juga diperlukan agar semakin mencegah kasus DBD membesar. Beberapa hal yang bisa dilakukan yakni dengan pemberantasan sarang nyamuk dan melakukan 3 M (menguras, menutup, dan mengubur).

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan mulai melonggarkan pembatasan pada konser besar dan acara olahraga pada Senin (14/06) setelah mengumumkan pekan lalu akan melonggarkan serangkaian pembatasan virus corona ketika negara itu terus mendorong vaksinasi....
  • HOT !
    Pada 21 Mei lalu, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden menggelar konferensi pers dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae In. Ini merupakan pertemuan kedua mereka setelah resmi menjadi Presiden....
  • HOT !
    Ketupat selalu menjadi hidangan yang ada disaat Hari Raya Idul Fitri, tentunya ditemani oleh opor ayam, rending, dan menu menu khas Lebaran lainnya yang selalu dirindukan. Namun, darimanakah asal muasal ketupat?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)