home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Usul KPK Jika DPR Tak Juga Usai Rampungkan UU: Tak Usah Digaji!

Rabu, 05 Desember 2018 11:31 by reinasoebisono | 663 hits
Usul KPK Jika DPR Tak Juga Usai Rampungkan UU: Tak Usah Digaji!
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melontarkan pernyataan yang mengusulkan jika ada anggota DPR yang enggan atau malas membahas dan mengesahkan undang-undang lebih baik tidak mendapat gaji.

Memang membahas dan mengesahkan undang-undang adalah tugas DPR, dan dalam sebuah diskusi di Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan hal tersebut sambil menyebut masalah integritas dalam bekerja.

"Integritas sesuatu sebuah given di setiap orang, hari ini kita bicara seperti apa anggota DPR, wakil rakyat perform di DPR, integritas itu being honest," ujar Saut.

"Jadi kalau ada Undang-undang disahkan DPR itu honest nggak sih? Orang yang nggak berintegritas itu nggak bisa digaji. Jadi, kalau DPR nggak selesai-selesai bahas UU, jangan digaji pak ketua," imbuhnya.

Baca juga: Jokowi Berencana Bubarkan 29 Lembaga Negara, Ada 10 Nama dalam Waktu Dekat

Menariknya, sang Ketua DPR Bambang Soesatyo yang turut hadir dalam diskusi tersebut menyetujui usul tidak digaji tersebut. Namun yang perlu diingat, hal itu juga harus berlaku untuk pemerintah. Ia pun memberikan contoh UU yang hingga kini belum selesai.

"Soal UU saya setuju omongan Pak Saut yang bilang kalau ada anggota DPR yang nggak mau ngerjain UU nggak usah di gaji. Tapi masalahnya hambatan datang dari pemerintah, karena konstitusi kita menulis, melahirkan UU itu DPR bersama pemerintah," tutur politikus yang kerap disapa Bamsoet itu.

"Contoh kalau pemerintah sering nggak datang, maka dipastikan pemerintah tidak setuju dengan UU itu. Sekarang yang sudah 16 kali masa sidang, larangan minuman beralkohol, dan UU tembakau. Dan saya lihat daftar absen, pemerintah nggak pernah datang, datang saja masalah riset nggak pernah dibuat,"

"Jadi sebenarnya gampang kalau pemerintah nya setuju. Kita juga setuju kebijakan (soal gaji) tadi, setuju kalau pemerintahnya juga nggak digaji ha-ha," sambungnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Emmeril Khan Mumtaz yang sudah seminggu lebih dinyatakan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, hari ini resmi dinyatakan meninggal dunia oleh pihak keluarga sang Ayah, Ridwan Kamil. Pencarian telah dilakukan namun hingga kini belum membuahkan hasil....
  • HOT !
    Car Free Day atau memiliki nama lain Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta akan kembali diadakan menyusul adanya kelonggaran protokol Kesehatan COVID 19 dari pemerintah. Kegiatan yang kerap disebut CFD ini akan dilaksanakan hari Minggu 22 Mei 2022 mulai pukul 06.00 10.00 WIB....
  • HOT !
    Partai partai yang berkuasa dan oposisi telah membahas perlunya peninjauan cepat RUU yang memungkinkan superstar K pop BTS dan selebriti pop terkemuka lainnya untuk dibebaskan dari tugas wajib militer atau menggantinya dengan layanan publik lainnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)