home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

KPK Pastikan Penetapan Tersangka Korupsi Hanya Ditujukan Pada 'Mastermind'

Rabu, 05 September 2018 11:52 by mikhael | 3782 hits
KPK Pastikan Penetapan Tersangka Korupsi Hanya Ditujukan Pada 'Mastermind'
Image Source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Korupsi yang menjerat diantara kalangan anggota DPRD, ternyata juga ikut menyeret PNS yang bekerja di gedung perwakilan Rakyat daerah tersebut.

Menanggapi itu, Melansir Liputan6, Ketua Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo memastikan penetapan tersangka hanya ditujukan pada otak dibalik perbuatan korupsi, sedangkan orang yang terseret hanya sebagai saksi.

Kondisi seperti itu harus bisa dilihat oleh sistem pengadilan kita," ujar Agus di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Baca juga: Tanggapan Presiden Jokowi Terkait Ditangkapnya Menteri KKP Edhy Prabowo Oleh KPK

Agus menyatakan, pejabat penerima hasil pekerjaan biasanya hanya menjadi saksi dan bukan tersangka. Pejabat pembuat komitmennya kemudian hanya jadi saksi. Hal ini dikarenakan mastermind dari tindak korupsi itu bukan pejabat itu.

"Dia hanya menjalankan perintah terpaksa. Nah, ini Insyaallah bisa kita pelatihan bersama ya, KPK secara rutin akan pelatihan bersama dengan para penegak hukum yang lain," jelas Agus.

Ia menyampaikan, nanti akan ada rapat koordinasi antara KPK bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), BKN, dan Kemendagri membahas masalah tersebut. 

(mdi)

Komentar
  • HOT !
    Perayaan Tahun Baru Imlek di Amerika Serikat dinodai oleh tragedi penembakan massal yang menyisakan duka mendalam dan disebut sebagai salah satu insiden penembakan massal terburuk di California karena menewaskan 11 orang pada hari Sabtu (21/01) waktu setempat....
  • HOT !
    Arab Saudi sedang berupaya melonggarkan undang undang pernikahan mereka sehingga Cristiano Ronaldo dapat tinggal bersama kekasihnya Georgina Rodriguez saat bermain di negara tersebut....
  • HOT !
    Gunung Semeru erupsi pada Minggu (4/12) pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1500 m di atas puncak (± 5176 m di atas permukaan laut). Selain pemerintah setempat yang meningkatkan kewaspadaan, Jepang juga waspada akan tsunami yang datang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : istynm
Cast : Nadya Fatira, Justin Bieber

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)