home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penampakan Menakjubkan Terowongan Kereta Api Membelah Gunung yang Diam-diam Dikerjakan Pemerintah

Jumat, 09 Maret 2018 11:24 by reinasoebisono | 34319 hits
Penampakan Menakjubkan Terowongan Kereta Api Membelah Gunung yang Diam-diam Dikerjakan Pemerintah
Image source: Viva

DREAMERS.ID - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan terus mengerjakan proyek jalur lintas Selatan Jawa. Yang diam-diam kini dikerjakan adalah jalur ganda kereta api yang ternyata membelah gunung bak di film-film Hollywood.

Melansir Viva, proyek tersebut nantinya akan tersambung dari Cirebon, Jawa Barat hingga Kroya, Jawa Tengah. Tentu bukan proyek mudah karena harus membuat sejumlah infrastruktur pendukung. Mulai dari jalur baru, jembatan melintas sungai hingga yang paling sulit ini adalah terowongan tembus gunung tersebut.

Progres pembangunan terowongan terus dikerjakan salah satunya adalah terowongan Notog BH 1440 segmen Cirebon-Kroya yang saat ini telah mencapai 64,68 persen. Terowongan ini pun telah tembus sisi sebelahnya.

Terowongan Notog sendiri ada di wilayah Purwokerto, Jawa Tengah dan memiliki panjang 473 meter yang menembus pegunungan. Terowongan baru ini berada tepat di samping terowongan eksisting yang telah ada sebelumnya.

Baca juga: Mulai Oktober 2021, Naik Pesawat dan Kereta Api Tidak Pakai PeduliLindungi

Proyek ini masuk dalam program Kementerian Perhubungan yang menggelontorkan anggaran setiap tahun sebesar Rp 2 triliun untuk proyek double track kereta api. Proyek jalur ganda ini pun diharapkan dapat selesai paling lambat 2019 mendatang.


Image source: Viva

"Investasinya dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) untuk digunakan oleh KAI (PT Kereta Api Indonesia). Tahun ini mungkin sekitar Rp2 triliunan, tahun depan sama, jadi ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan di Jawa Timur," kata Menhub Budi Karya.

Meski terlihat menelan anggaran dan investasi begitu besar, Budi Karya mengatakan manfaat yang akan dirasakan bagi masyarakat juga besar nantinya. Karena gerak perekonomian akan tumbuh lebih cepat dengan adanya akses ini.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Untuk pertama kalinya, kasus positif COVID 19 baru di Korea Selatan menembus angka 5000 pada Rabu (1/12). Dokter unit perawatan intensif (ICU) di rumah sakit top negara itu memperingatkan bahwa mungkin akan segera dipaksa untuk memilih pasien mana yang didahulukan mendapatkan perawatan yang menyelamatkan jiwa....
  • HOT !
    Pemerintah menarik perhatian setelah mengumumkan rencana penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru 2022. Hal ini dilakukan karena pemerintah khawatir adanya lagi lonjakan kasus COVID 19 seperti sebelumnya....
  • HOT !
    Putri Mako menikahi kekasih teman satu universitasnya pada hari Selasa (26/10). Dengan begitu, ia resmi melepaskan gelarnya dalam Kekaisaran Jepang. Pernikahan diselenggarakan sangat sederhana tanpa upacara khusus....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)