home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

MUI Sumut Soal Wacana Larangan Cadar: Itu Budaya, Kampus Berhak Melarang

Kamis, 08 Maret 2018 13:30 by fzhchyn | 4233 hits
MUI Sumut Soal Wacana Larangan Cadar: Itu Budaya, Kampus Berhak Melarang
Image source: Hipwee

DREAMERS.ID - Belakangan ramai perbincangan terkait wacana Universitas Negeri Sumatra Utara atau UIN Sumut yang akan menerapkan larangan penggunaan cadar kepada mahasiswi saat kegiatan belajar-mengajar di area kampus.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Sumatera Utara, Maratua Simanjuntak, turut buka suara dengan mengatakan bahwa wanita muslim wajib berjilbab. Tapi mengenakan cadar bukan kewajiban karena cadar adalah budaya.

"Bagi wanita muslim, wajib mengenakan jilbab karena syariat Islam. Namun tidak mesti harus mengenakan cadar karena cadar merupakan budaya," kata Maratua di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Kamis (8/3), mengutip Detik.

Baca juga: Pemerintah Sri Lanka Larang Penggunaan Cadar Pasca Teror Bom Paskah

Terkait aturan di kampus, hak seseorang mengenakan cadar sesuai UU. Namun pihak kampus juga memiliki aturan penggunaan cadar bagi mahasiswi selama beraktivitas di dalam kampus. "Mengenakan cadar merupakan hak warga negara yang diatur dalam undang-undang," ujar Maratua.

Namun terkait dengan penerapan larangan cadar di dalam kampus, Wakil Ketua Umum MUI Sumatera Utara ini mengatakan hal itu merupakan hak pihak kampus. "Pihak kampus punya hak kalau membuat aturan larangan mengenakan cadar," ungkapnya.

Kalau memang universitas menetapkan larangan mengenakan cadar, itu sah-sah saja. Namun, kalau ada peraturan larangan mengenakan jilbab di dalam kampus, itu baru menyalahi aturan. "Tapi menjadi masalah kalau pihak kampus melarang mahasiswinya mengenakan jilbab," pungkasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Beberapa waktu lalu secara mengejutkan Korea Utara mengumumkan kasus COVID 19 pertamanya, sementara negara negara lain termasuk Indonesia telah mengalami perbaikan. Kini, negara otoriter tersebut melaporkan lebih dari 200 ribu pasien mengalami gejala demam....
  • HOT !
    Lebaran 2022 atau perayaan Idul Fitri 1443 H yang datang di minggu depan, ada kemungkinan besar akan jatuh di hari yang sama, yaitu 2 Mei 2022. Padahal awal berpuasa berbeda tapi bagaimana mungkin Lebarannya bersamaan?...
  • HOT !
    Kasus COVID 19 diperkirakan akan kembali mengalami lonjakan di masa mudik nanti. Hal ini dikarenakan Presiden Joko Widodo tak lagi melarang Solat Tarawih dan Mudik di Ramadhan tahun ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)