home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

MUI Sumut Soal Wacana Larangan Cadar: Itu Budaya, Kampus Berhak Melarang

Kamis, 08 Maret 2018 13:30 by fzhchyn | 4234 hits
MUI Sumut Soal Wacana Larangan Cadar: Itu Budaya, Kampus Berhak Melarang
Image source: Hipwee

DREAMERS.ID - Belakangan ramai perbincangan terkait wacana Universitas Negeri Sumatra Utara atau UIN Sumut yang akan menerapkan larangan penggunaan cadar kepada mahasiswi saat kegiatan belajar-mengajar di area kampus.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Sumatera Utara, Maratua Simanjuntak, turut buka suara dengan mengatakan bahwa wanita muslim wajib berjilbab. Tapi mengenakan cadar bukan kewajiban karena cadar adalah budaya.

"Bagi wanita muslim, wajib mengenakan jilbab karena syariat Islam. Namun tidak mesti harus mengenakan cadar karena cadar merupakan budaya," kata Maratua di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Kamis (8/3), mengutip Detik.

Baca juga: Pemerintah Sri Lanka Larang Penggunaan Cadar Pasca Teror Bom Paskah

Terkait aturan di kampus, hak seseorang mengenakan cadar sesuai UU. Namun pihak kampus juga memiliki aturan penggunaan cadar bagi mahasiswi selama beraktivitas di dalam kampus. "Mengenakan cadar merupakan hak warga negara yang diatur dalam undang-undang," ujar Maratua.

Namun terkait dengan penerapan larangan cadar di dalam kampus, Wakil Ketua Umum MUI Sumatera Utara ini mengatakan hal itu merupakan hak pihak kampus. "Pihak kampus punya hak kalau membuat aturan larangan mengenakan cadar," ungkapnya.

Kalau memang universitas menetapkan larangan mengenakan cadar, itu sah-sah saja. Namun, kalau ada peraturan larangan mengenakan jilbab di dalam kampus, itu baru menyalahi aturan. "Tapi menjadi masalah kalau pihak kampus melarang mahasiswinya mengenakan jilbab," pungkasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Emmeril Khan Mumtaz yang sudah seminggu lebih dinyatakan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, hari ini resmi dinyatakan meninggal dunia oleh pihak keluarga sang Ayah, Ridwan Kamil. Pencarian telah dilakukan namun hingga kini belum membuahkan hasil....
  • HOT !
    Car Free Day atau memiliki nama lain Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta akan kembali diadakan menyusul adanya kelonggaran protokol Kesehatan COVID 19 dari pemerintah. Kegiatan yang kerap disebut CFD ini akan dilaksanakan hari Minggu 22 Mei 2022 mulai pukul 06.00 10.00 WIB....
  • HOT !
    Partai partai yang berkuasa dan oposisi telah membahas perlunya peninjauan cepat RUU yang memungkinkan superstar K pop BTS dan selebriti pop terkemuka lainnya untuk dibebaskan dari tugas wajib militer atau menggantinya dengan layanan publik lainnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)