home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kim Jong Un Ternyata Diam-diam Pernah Masuk Dua Negara Ini dengan Paspor Palsu

Kamis, 01 Maret 2018 10:25 by reinasoebisono | 4227 hits
Kim Jong Un Ternyata Diam-diam Pernah Masuk Dua Negara Ini dengan Paspor Palsu
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pemimpin Korea Utara belum terlepas dari kontroversi kelas dunianya. Terkenal dengan menutup diri dari negara asing dan jarang bepergian keluar negaranya, tersebar kabar jika Kim Jong Un sempat memasuki sejumlah negara dengan paspor palsu.

Melansir Reuters via Detik, Kim Jong Un diam-diam pernah mengunjungi Brazil bersama mendiang ayahnya, Kim Jong Il. Hal ini diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri Brazil, terjadi pada tahun 1990-an menurut sumber Keamanan Senior Eropa Barat.


Paspor palsu Kim Jong Un (Detik)

"Mereka menggunakan paspor Brazil ini, yang dengan jelas menunjukkan foto-foto Kim Jong Un dan Kim Jong Il, untuk mencoba mendapatkan visa dari kedutaan asing," kata satu sumber keamanan senior AS yang tidak mau disebut namanya.

"Ini menunjukkan keinginan untuk melakukan perjalanan dan menunjuk pada usaha keluarga yang berkuasa untuk membangun jalur pelarian yang memungkinkan," kata sumber keamanan tersebut.


Paspor Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un (Detik)

Baca juga: Kim Jong Un Muncul dengan Tubuh Lebih Kurus Bikin Heboh, Sakit atau Diet?

Menariknya, seorang sumber di Brazil mengatakan jika kedua paspor palsu tersbeut adalah dokumen sah saat dikirim sebagai blanko konsulat untuk diterbitkan. Empat sumber keamanan senior Eropa lainnya juga menegaskan jika dua paspor Brazil itu mengatasnamakan Kim Jong Un sebagai Josef Pwag dan Kim Jong Il sebagai Ijong Tchoi.

Dalam fotokopi paspor 10 tahun tersebut terdapat sebuah cap dengan keterangan 'Kedutaan Besar Brazil di Praha' dengan tanggal penerbitan 26 Februari 1996. Sumber keamanan mengatakan teknologi pengenal wajah mengkonfirmasi foto-foto tersebut adalah foto Kim Jong Un dan ayahnya.

Selain itu, ada kemungkinan pula paspor tersebut digunakan untuk bepergian ke Jepang dan Hong Kong. Karena pada 2011, Koran Jepang, Yomiuri Shimbun melaporkan jika Jong In juga pernah mengunjungi Tokyo pada tahun 1991.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Terbiasa dengan pelat hitam tulisan putih di kendaraan pribadi? Nantinya hal itu akan berubah, Dreamers. Karena Korlantas Polri akan segera menerapkan perubahan warna pelat nomor kendaraan pribadi yang tentu berimbas juga pada pelat jenis kendaraan lain....
  • HOT !
    Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengonfirmasi jika nama ibu kota negara yang telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah ‘Nusantara’. Berbagai komentar pro dan kontra pun mengikuti pengumuman ini....
  • HOT !
    Selain menjadi tahun penuh tantangan, ada sederet momen memprihatinkan yang menambah perjuangan perjalanan 2021. Mulai dari bencana alam, hingga hilangnya moda transportasi besar nasional....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)