home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korea Selatan Beri 20 Miliar untuk Gunung Indonesia! Untuk Apa Saja?

Senin, 22 Januari 2018 11:50 by reinasoebisono | 1588 hits
Korea Selatan Beri 20 Miliar untuk Gunung Indonesia! Untuk Apa Saja?
Image source: Trip Advisor

DREAMERS.ID - Tak banyak negara yang memberikan dana hibah dengan jumlah fantastis untuk negara lain. Namun Negeri Gingseng Korea Selatan memiliki pemikiran lain dengan memberi dana puluhan miliar untuk kelestarian alam Indonesia.

Terbukti dari Kementerian Kehutanan Korea Selatan yang memberi hibah sebesar Rp 20 miliar untuk pengembangan ekowisata Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Desa Mertak, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Tak banyak diperbincangkan, karena ternyata dana hibah tersebut diberikan secara bertahap sejak 2015 hingga 2017. Menurut Kepala Humas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB Ivan Juhandara, dana itu untuk pembangunan sarana dan prasarana penunjang ekowisata.

"Sarana dan prasarana yang sudah dibangun berupa pusat informasi pengunjung, gedung serba guna, rumah penginapan sebanyak 10 kamar, tempat parkir dan pusat ekologi kupu-kupu," kata dia, dilansir Antara, via Liputan6.

Baca juga: Rubber Duck Kembali Mengapung di Danau Seoul, Ajak 4 Teman Baru

"Meskipun nantinya sudah dihibahkan, Pemerintah Korsel akan tetap memberikan perhatian dalam hal pemeliharaan selama satu tahun (2018)," ujarnya. "Jadi amanah dari Korsel memberikan hibah sebenarnya untuk pemberdayaan masyarakat Desa Mertak,"

Bahkan, selama proses pembangunan sarana dan prasarana, Pemerintah Korsel membiayai 20 orang warga Desa Mertak, untuk studi banding ke negaranya untuk belajar tentang pemanfaatan sumber daya alam untuk pariwisata.

Di dalam hutan Gunung Tunak, terdapat gundukan sarang burung langka seperti Burung Gosong (Megapodius reinwartdtii) dan elang. Ada pula rusa timor dan fauna laut seperti penyu yang termonitor bertelur di sepanjang pesisir Gunung Tunak.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Angka kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT terus meningkat selama pandemi. Terbaru, Lesty Kejora melaporkan Rizky Billar, suaminya, atas dugaan KDRT yang dipicu dari perselingkuhan....
  • HOT !
    Royal Vault adalah ruang pemakaman yang terletak sekitar 5 meter di bawah Kapel St. George di halaman Kastil Windsor di Berkshire. Ini menjadi tempat peristirahatan terakhir para anggota keluarga kerajaan yang telah wafat....
  • HOT !
    Serial terbaru Netflix 'Narco Saints' mengambil Suriname sebagai latar belakang utama cerita. Serial yang mengisahkan tentang usaha penangkapan raja narkoba ini terancam dituntut oleh pemerintah Suriname atas pencemaran nama baik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)