home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jarang Terekspos, Ini Sosok Orang Indonesia yang Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia 2017

Kamis, 21 Desember 2017 20:15 by reinasoebisono | 1960 hits
Jarang Terekspos, Ini Sosok Orang Indonesia yang Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia 2017
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Berbagai nama tokoh dunia mulai bermunculan jelang akhir tahun dengan sederet kategorinya. Salah satu tokoh dari Indonesia pun dengan membanggakan masuk dalam daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia Tahun 2017.

Tokoh yang diangkat biasanya memiliki pengalaman menarik, berbeda dan mampu memberi kontribusi luar biasanya untuk lingkungan sekitarnya. Tak jarang pula mereka membawa perubahan untuk sesama.

Tahun ini, melansir Liputan6, rubrik Saturday Profile dari The New York Times mengeluarkan daftar wanita-wanita yang memiliki kisah inspiratif dan memberi pengaruh pada masyarakat sekitarnya. Salah satunya adalah wanita Indonesia, Sinta Nuriyah.

Ia adalah istri dari Presiden RI Ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Sinta Nuriyah adalah pendiri sekaligus pengelola Puan Amal Hayati, lembaga sosial-kemanusiaan yang peduli terhadap pemberdayaan kaum wanita serta anak-anak. Lembaga ini mengkampanyekan upaya penghapusan kekerasan terhadap golongan tersebut.

Baca juga: Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Paling Santuy di Dunia, Kok Bisa?

Meski suaminya telah tiada, Sinta Nuriyah tetap konsisten menyuarakan Hak Asasi Manusia, pemberdayaan perempuan, dan hal yang terkenal lekat dengan Gus Dur, kebebasan beragama. Ia juga tergabung dalam beberapa organisasi seperti Kongres wanita Indonesia (Kowani) dan anggota Komite Nasional Kedudukan wanita Indonesia (National Commission on the Status of Women).

Sinta Nuriyah juga bersanding dengan nama-nama wanita berpengaruh lain. Seperti Menteri Luar Negeri Swedia, Margot Wallstrom yang vokal menyuarakan hak-hak perempuan. Ia juga berani menceritakan tentang kekerasan dan pelecehan seksual yang dialaminya saat muda.

Ada pula Mana Al-Sharif yang seorang aktivis perjuangan wanita dari Arab Saudi. Ia terkenal dengan kampanye ‘Women2Drive’ yang merekam dirinya mengendarai mobil di Saudi di mana saat itu seluruh kaum hawa dilarang mengemudi. Namun kini aturan itu telah dicabut.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Selasa, 14 September menjadi momen bersejarah bagi BTS yang secara resmi dilantik sebagai utusan khusus Presiden Korea Selatan Moon Jae In untuk diplomasi publik. Ketujuh membernya juga diberikan paspor diplomatik dan pulpen sebagai bagian dari peran mereka....
  • HOT !
    Korea Utara selama ini sangat anti dengan konten hiburan dari Korea Selatan bahkan mengibaratkannya sebagai penyakit kanker bagi anak muda. Namun belakangan ini, perhatian mereka teralihkan kepada serial D.P....
  • HOT !
    D.P merupakan series terbaru dari Netflix yang dirilis pada 27 Agustus 2021 lalu, yang merupakan nama unit Deserter Pursuit dari Polisi Militer. Meski diadaptasi dari webtoon, banyak yang merasa D.P terasa begitu nyata....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)