home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tiga Menteri Jokowi Akan Diperiksa Terkait dengan Kasus Penipuan First Travel

Rabu, 04 Oktober 2017 14:30 by Dits | 1200 hits
Tiga Menteri Jokowi Akan Diperiksa Terkait dengan Kasus Penipuan First Travel
image source: Jawa Pos

DREAMERS.ID -Kasus penipuan yang dilakukan oleh biro perjalanan PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel) tak hanya menyeret sejumlah selebriti Tanah Air saja. Tiga menteri kabinet Jokowi yakni Menteri Agama, Menteri Luar Negeri, dan Menteri Pariwisata dipanggil oleh Ombudsman RI terkait dengan kasus tersebut.

Melansir Merdeka, Ombudsman RI bersama Mentri Agama, Menteri Luar Negeri, dan Menteri Pariwisata akan membahas soal First Travel pada Rabu (4/10). Anggota lembaga negara yang punya kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik tersebut, menurut Adrianus Meliala akan mencari tahu bagaimana proses perizinan penyelenggara umrah yang dilakukan oleh biro perjalanan milik Andika Surachman dan desainer Anniesa Hasibuan itu.

"Ternyata perizinannya juga kacau. Bahkan bukan hanya First Travel yang kacau tapi juga database Kementerian Agama juga kacau," kata Adrianus Meliala di Mapolda Metro Jaya.

Menurut Adrianus Meliala, banyak banyak perusahaan penyelenggara umrah yang tak tercatat. “Tidak bayar pajak, tidak ada direksinya. Kacau sekali negara ini. Makanya saya kira besok Menteri Agama akan merah mukanya," lanjutnya.

Baca juga: Serba-serbi Usaha Pemerintah Berangkatkan Jemaah First Travel: Minta Tambahan 8 Juta Lagi?

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin disampaikan Adrianus telah mengkonfirmasi akan hadir dalam pertemuan tersebut. Dalam agenda dikatakan pihak Ombudsman akan meminta Menteri Agama untuk memperbaiki penyelenggaraan umrah.

"Semua orang yang mengikuti umrah kan sudah memasang duit. Kalau tata kelolanya begitu, itu namanya penipuan luar biasa," pungkasnya.

Sebagai informasi, Bareskrim telah menetapkan bos First Travel, Andika Surachman, istrinya, Anniesa Desvitasari, dan adiknya, Kiki Hasibuan, sebagai tersangka kasus dugaan penipuan perjalanan umrah. Hingga kini kasus penipuan yang merugikan sekitar 50 ribu lebih jemaah umrah ini masih dalam proses penyelidikan.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Pemerintah disebut tengah merencanakan penerapan bayar tol tanpa kartu yang pasti akan memangkas waktu pembayaran di gerbang tol yang kadang sering memicu kemacetan. Rencana ini akan diterapkan mulai akhir tahun sebagai uji coba dan efektif berlaku pada 2023 2024....
  • HOT !
    PPKM atau yang memiliki kepanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dengan level level dalam menangani pandemic virus corona atau COVID 19 di seluruh Indonesia, yaitu di wilayah Jawa Bali maupun luar Jawa Bali resmi berakhir hari ini, Senin (9/5)....
  • HOT !
    Pejabat dari tim transisi Presiden terpilih Yoon Suk Yeol dikabarkan akan mengunjungi agensi BTS. Menurut juru bicara tim transisi Shin Yong Hyun pada Jumat (01/04), Ketua komite transisi presiden Ahn Cheol Soo dan anggota subkomite sosial, kesejahteraan, dan budaya berencana mengunjungi HYBE pada hari Sabtu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)