home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rencana Aksi Bela Rohingya Dalam Waktu Dekat di Indonesia

Selasa, 05 September 2017 10:30 by muthiasp | 1184 hits
Rencana Aksi Bela Rohingya Dalam Waktu Dekat di Indonesia
Image source: presstv.ir

DREAMERS.ID - Kejahatan kemanusiaan yang dialami oleh masyarakat muslim Rohingya menjadi perhatian bagi seluruh warga dunia, khususnya Indonesia. Baru-baru ini tersebar pesan singkat yang berisi informasi aksi bela Rohingya, dan disebut berlokasi di Candi Borobudur, Magelang, pada Jumat (08/09) mendatang.

Dilansir dari laman Kompas, pesan itu berisi daftar organisasi masyarakat (ormas) dan lembaga yang akan bergabung dalam aksi tersebut. Tidak hanya dari warga Magelang saja, tetapi beberapa warga dari kota tetangga seperti Yogyakarta, Klaten, Temanggung, Purworejo, Surakarta, Wonosobo, Salatiga, dikabarkan bergabung.

“Daftar Ormas dan Laskar AKSI BELA ROHINGYA di Borobudur, Jumat 8 September 2017. Silakan diisi ormas dan laskar yang akan hadir. Kita putihkan Borobudur. Kita Sampaikan kepada dunia. STOP PEMBANTAIAN ROHINGYA!,” mengutip Kompas (05/09).


Doa bersama Tokoh Lintas Agama di Alun-alun Purwokerto, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu
Image source: Kompas

Aksi yang dilakukan sebagai wujud empati atas nama umat Islam dan kemanusiaan ini akan dikoordinasikan oleh Anang Imanudin sebagai Panglima Laskar Front Aliansi Umat Islam Bersatu (FA-UIB) Jawa Tengah-DIY. Namun, ia membantah jika aksi akan dilaksanakan di Candi Borobudur.

Baca juga: Facebook Blokir Akun Medsos Pejabat Militer Myanmar yang Diduga Terlibat Pembunuhan Massal Rohingya

"Kami luruskan, bahwa kami tidak mengadakan aksi di Candi Borobudur, kami tahu ada undang-undang yang melindungi cagar budaya dunia tersebut. Kami sudah berkoordinasi dengan Polres Magelang dan aparat lainnya, Senin (04/09) malam tadi dan hanya fokus di satu tempat saja," katanya.

Nantinya, aksi akan diawali dengan sholat Jumat berjamaah, dilanjutkan dengan doa bersama, dan penggalangan donasi. Ada sekitar 250 ormas dari seluruh Indonesia yang ikut aksi tersebut. Adapun peserta akan mengenakan pakaian serba putih yang mencerminkan simbol perdamaian.

Ia juga sudah berkomunikasi dengan pimpinan Wihara Mendut, Bante Panyavaro, yang juga mendukung aksi bela Rohingya. Bante dikatakan memiliki pandangan yang sama dan mengutuk keras kekejaman yang dilakukan sekelompok oknum mengaku biksu di Myanmar, “Rohingya adalah akibat kejahatan kemanusiaan. Beliau ikut menyerukan pesan damai kepada dunia”.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Kabar mengejutkan datang dari salah satu perusahaan belanja daring atau e commerce yaitu JD ID yang mengumumkan keputusan menutup permanen layanannya di Indonesia per 31 Maret 2023. Pasalnya, JD.ID termasuk perusahaan belanja daring yang cukup besar....
  • HOT !
    Kabar terbaru dari tragedi jatuhnya Pesawat Yeti Airlines di Nepal adalah kotak hitam telah ditemukan dan bertambahnya satu jenazah baru ditemukan. Kini jumlah jenazah menjadi 69 orang dan dikabar 3 lainnya masih hilang....
  • HOT !
    Miliarder Jepang Yusaku Maezawa pada Kamis (8/12) mengumumkan delapan anggota kru yang akan bergabung dengannya untuk perjalanan mengelilingi Bulan yang direncanakan pada tahun 2023 dengan roket SpaceX yang masih dalam pengembangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)