home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dua Kesalahan Pemerintah Terdahulu Ini Disebut JK Buat Indonesia Terbelakang

Selasa, 29 Agustus 2017 10:13 by reinasoebisono | 962 hits
Dua Kesalahan Pemerintah Terdahulu Ini Disebut JK Buat Indonesia Terbelakang
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Indonesia masih menyandang titel negara berkembang dan nampaknya belum akan berpijak di lantai negara maju. Wakil Presiden Jusuf Kalla pun menyebut ada dua kesalahan besar di masa lalu yang membuat Indonesia berkembang terlambat dibanding negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

Menurut pria yang baru saja merayakan ulang tahun pernikahan emas itu, Indonesia memiliki sejarah kesalahan besar dalam hal ekonomi masa lalu. Salah satunya adalah pemerintah memberikan subsidi besar pada bahan bakar minyak atau BBM selama 10 tahun terakhir.

"Kenapa terjadi? Karena kita punya dua kesalahan pokok dalam ekonomi selama 20 tahun terakhir. Pada krisis '97 kita menghabiskan energi, kita menjaga, menggaransi bank-bank yang rusak. Yang kedua kita menyubsidi BBM begitu besar dalam waktu sepuluh tahun," kata Wapres JK kutip Merdeka.

Menurut JK, pada saat krisis ekonomi 1997, pemerintah mengucurkan dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) hingga hampir Rp600 triliun dalam waktu 2 tahun. Sedangkan untuk subsidi BBM, pemerintah mengeluarkan Rp400 triliun untuk subsidi BBM sejak 2004 yang ternyata salah sasaran, justru dinikmati oleh masyarakat mampu.

Baca juga: Museum Sejarah Rasulullah SAW Akan Jadi Ikon Baru Jakarta

"Apabila dihitung sekarang dengan segala macam bunganya, Rp 600 triliun bisa jadi kira-kira Rp 3.000 triliun, kemudian tahun 2004-2014 saja, hampir Rp 400 triliun BBM kita subsidi, tapi yang menikmati orang punya mobil seperti kita semua di sini," kata dia.

"Kira-kira Rp 6.000 triliun yang kita telah buang untuk menyelesaikan masalah-masalah, sekiranya setengah saja kita pakai untuk infrastruktur, tentu infrastruktur kita tidak akan kalah dari negara tetangga," lanjut dia.

Namun Wapres JK mengingatkan jika kesalahan itu telah terjadi dan yang paling penting adalah bagaimana pemerintah kini dan masa mendatang tidak mengulangi kesalahan yang sama demi kemajuan bangsa.

"Tapi itu sudah terjadi, sekarang yang penting apa yang kita lakukan ke depan, kini kita tidak menghamburkan uang untuk subsidi kecuali untuk makanan, pendidikan, kesehatan karena itu pokok, penting untuk bangsa ini," tutup JK.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Sebuah tengkorak ditemukan dan menggegerkan pemberitaan khususnya dunia antropologi karena disebut beebrapa pihak mirip alien lantaran bentuknya yang memanjang dan tidak seperti tengkorak manusia biasa. Namun setelah dilakukan penelitian, terungkap fakta lain di balik penemuan itu....
  • HOT !
    Jakarta dan sekitarnya digegerkan oleh gempa yang terjadi di Lebak, Banten dengan magnitude 6.7 skala richter. Berbagai foto dan video memperlihatkan kepanikan warga terutama yang beraktifitas di Gedung gedung tinggi berhamburan keluar....
  • HOT !
    Tahun 2021 telah berlalu, semangat menyongsong tahun baru 2022 tentu tidak semerta merta melupakan yang lalu begitu saja. Ada banyak peristiwa terjadi di Indonesia selama perjuangan tahun kedua pandemi kemarin....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)