home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mulai Hari Ini Daftar Paspor Dipermudah Lewat Layanan via Whatsapp!

Selasa, 08 Agustus 2017 18:15 by tyassss | 3236 hits
Mulai Hari Ini Daftar Paspor Dipermudah Lewat Layanan via Whatsapp!
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Pemerintah kembali memberi kemudahan kepada masyarakat Indonesia seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satunya adalah layanan pendaftaran paspor yang kini dapat dilakukan melalui aplikasi pengirim pesan WhatsApp.

Warga dapat melakukan pendaftaran untuk mendapat nomer antrian secara online lewat WhatsApp. Dengan begitu, pihak imigrasi akan memberikan kepastian waktu para pemohon untuk terlayani tanpa mengantre panjang. Layanan ini pun sudah mulai dibuka pada hari Senin, 7 Agustus 2017.

"Terhitung mulai hari ini (Senin), pemohon dapat mendaftarkan diri melalui WhatsApp," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bogor Herman Lukman di Kantor Imigrasi Bogor, Senin (07/08), dikutip dari Antara. Ia menambahkan bahwa layanan ini serentak diluncurkan di 26 kantor imigrasi di wilayah Indonesia seperti di Jabodetabek, Yogyakarta dan Jawa Tengah. Lalu bagaimana caranya?

Baca juga: Muncul Wacana Diterbitkannya Paspor Khusus COVID-19, Apa Fungsinya?

Bagi masyarakat yang ingin membuat baru atau perpanjang paspor dapat mendaftarkan diri dengan cara mengirim pesan ke nomor WhatsApp Imigrasi Bogor, yakni 08111100333. Cara pendaftarannya hanya mengirimkan data diri dengan mengetik #NAMA#TGLLahir#TglKedatangan.

Setelah itu akan ada balasan dari imigrasi berupa nomor barcode berupa kode booking dan selanjutnya harus dibalas pemohon untuk mendapatkan nomor antrean, sekaligus jadwal untuk datang ke kantor Imigrasi. Herman juga menegaskan, layanan pendaftaran via WhatsApp ini akan mencegah adanya calo atau joki karena pendaftar wajib menggunakan nomor pribadi.

(tys)

Komentar
  • HOT !
    Terbiasa dengan pelat hitam tulisan putih di kendaraan pribadi? Nantinya hal itu akan berubah, Dreamers. Karena Korlantas Polri akan segera menerapkan perubahan warna pelat nomor kendaraan pribadi yang tentu berimbas juga pada pelat jenis kendaraan lain....
  • HOT !
    Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengonfirmasi jika nama ibu kota negara yang telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah ‘Nusantara’. Berbagai komentar pro dan kontra pun mengikuti pengumuman ini....
  • HOT !
    Selain menjadi tahun penuh tantangan, ada sederet momen memprihatinkan yang menambah perjuangan perjalanan 2021. Mulai dari bencana alam, hingga hilangnya moda transportasi besar nasional....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)