home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap Saksi Kunci dari Kasus Mega Korupsi e-KTP, Siapa Dia?

Rabu, 19 Juli 2017 14:30 by tyassss | 3761 hits
Terungkap Saksi Kunci dari Kasus Mega Korupsi e-KTP, Siapa Dia?
Image source: epochtimes.com

DREAMERS.ID - Satu persatu para tersangka yang terkait dengan kasus mega korupsi KTP berbasis elektronik alias e-KTP berhasil diamankan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Baru-baru ini, satu nama pun juga muncul dan disebut sebagai saksi kunci dari kasus ini.

Persidangan tuntutan kasus korupsi e-KTP dengan tersangka Irman dan Sugiharto memunculkan nama Johannes Marliem sebagai saksi kunci. Johannes Marliem adalah Direktur Biomorf Lone LLC, Amerika Serikat, perusahaan penyedia layanan teknologi biometrik.

Dalam dakwaan Irman dan Sugiharto, Marliem disebut sebagai penyedia produk automated finger print identification system (AFIS) merek L-1 untuk proyek kartu tanda penduduk elektronik. Nama Johannes bahkan disebut sampai 25 kali oleh jaksa KPK. Ia dinyatakan aktif dalam pertemuan membahas proyek kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP) sejak awal.

Baca juga: Asyik! Perpanjang SIM B Kini Bisa Di Mana Saja, Ini Syaratnya

Ia disebut mengantongi bukti pembicaraan dengan para perancang proyek Rp 5,9 triliun itu. Salah satunya, rekaman pertemuannya dengan Ketua DPR Setya Novanto yang  ditetapkan sebagai tersangka korupsi e-KTP Senin lalu.

Saat dihubungi Tempo pada Selasa 18 Juli 2017, Johannes Marliem sedang berada di Amerika Serikat dan mengaku memiliki seluruh rekaman pertemuan yang ia ikuti dalam membahas proyek megaskandal itu. Diketahui, Johannes pergi meninggalkan Indonesia setelah tahu proyek ini ditengarai ada masalah dan terbongkar sebagai kasus korupsi.

Kata Johannes, rekaman tersebut dibuat di setiap pertemuan yang telah berjalan selama empat tahun lamanya. Ia menyakini, rekaman yang disebutkan total berukuran 500 giga bita itu bisa menjadi bukti buat menelisik korupsi yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun tersebut. 

(tys)

Komentar
  • HOT !
    Perayaan Tahun Baru Imlek di Amerika Serikat dinodai oleh tragedi penembakan massal yang menyisakan duka mendalam dan disebut sebagai salah satu insiden penembakan massal terburuk di California karena menewaskan 11 orang pada hari Sabtu (21/01) waktu setempat....
  • HOT !
    Arab Saudi sedang berupaya melonggarkan undang undang pernikahan mereka sehingga Cristiano Ronaldo dapat tinggal bersama kekasihnya Georgina Rodriguez saat bermain di negara tersebut....
  • HOT !
    Gunung Semeru erupsi pada Minggu (4/12) pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1500 m di atas puncak (± 5176 m di atas permukaan laut). Selain pemerintah setempat yang meningkatkan kewaspadaan, Jepang juga waspada akan tsunami yang datang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : istynm
Cast : Nadya Fatira, Justin Bieber

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)