home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tuai Protes, Ini Alasan Pengadilan Larang Siaran Langsung Sidang Korupsi E-KTP

Jumat, 10 Maret 2017 13:00 by tyassss | 962 hits
Tuai Protes, Ini Alasan Pengadilan Larang Siaran Langsung Sidang Korupsi E-KTP
Image source: kompas.com

DREAMERS.ID - Terkait dengan kasus korupsi e-KTP yang melibatkan sejumlah nama penting yang tengah menjadi topik hangat, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat justru mengeluarkan surat keputusan pelarangan penyiaran sidang secara langsung. Tetapi, larangan ini menuai banyak protes dari berbagai kalangan.

Karena itu, Juru bicara Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Yohanes Priana pun memberikan penjelasan mengenai pertimbangan hakim untuk menetapkan larangan tersebut. Yaitu ada tiga alasan, pertama adalah majelis ingin mengembalikan marwah pengadilan, yaitu memastikan sebuah peristiwa kejahatan benar-benar terjadi.

Yohanes khawatir jika siaran langsung bisa membuat asumsi publik berkembang sebelum hakim menjatuhkan putusan. Lalu yang kedua adalah, pengadilan tidak ingin menghancurkan konten persidangan.

Baca juga: Tanggapan Presiden Jokowi Terkait Ditangkapnya Menteri KKP Edhy Prabowo Oleh KPK

Karena jika konten sidang diumbar, juga dikhawatirkan akan berpotensi membuat aktor-aktor yang terlibat melakukan rekayasa dalam keterangannya. "Pihak-pihak yang berperkara ini kan mengajukan saksi dan data. Jangan sampai ini terkontaminasi. Ini yang dijaga hakim," ujar Yohanes.

Pertimbangan yang terakhir adalah, peradilan merupakan ranah personal. Dengan tidak diberitakannya kepada publik, orang yang diajukan ke pengadilan sudah pasti menjadi beban keluarga, kerabat, maupun almamaternya.

Yohanes pun mengibaratkan jika seorang ayah ingin melerai anak-anaknya yang sedang berkelahi, pasti akan dibawa masuk ke rumah dan tidak justru dipertontonkan ke halayak banyak. Lebih lanjut lagi, Yohanes menegaskan pengadilan tidak melarang media untuk meliput dan diperbolehkan merekam jalannya pengadilan seperlunya.

(tys/tempo)

Komentar
  • HOT !
    Kementerian Pertahanan Korea Selatan menekankan bahwa perlunya "kehati hatian" dalam mempertimbangkan apakah akan mengizinkan pembebasan dinas militer aktif untuk superstar K pop BTS dan artis top lainnya, dengan alasan populasi negara yang menyusut dan faktor lainnya....
  • HOT !
    Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the Korean Society of School Health, mengatakan bahwa penggemar obsesif K pop dan mereka yang memiliki minat mendalam pada bidang tertentu lainnya cenderung lebih bahagia daripada yang lain....
  • HOT !
    Putri Charlotte anak dari Pangeran William dan Kate Middleton disebut sebut sebagai anak terkaya di dunia. Menurut studi perusahaan mainan, Electric Rides on Cars, kekayaan bersih Putri Charlotte sebesar £ 3,6 miliar atau sekitar Rp 70 triliun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)