home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tuai Protes, Ini Alasan Pengadilan Larang Siaran Langsung Sidang Korupsi E-KTP

Jumat, 10 Maret 2017 13:00 by tyassss | 981 hits
Tuai Protes, Ini Alasan Pengadilan Larang Siaran Langsung Sidang Korupsi E-KTP
Image source: kompas.com

DREAMERS.ID - Terkait dengan kasus korupsi e-KTP yang melibatkan sejumlah nama penting yang tengah menjadi topik hangat, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat justru mengeluarkan surat keputusan pelarangan penyiaran sidang secara langsung. Tetapi, larangan ini menuai banyak protes dari berbagai kalangan.

Karena itu, Juru bicara Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Yohanes Priana pun memberikan penjelasan mengenai pertimbangan hakim untuk menetapkan larangan tersebut. Yaitu ada tiga alasan, pertama adalah majelis ingin mengembalikan marwah pengadilan, yaitu memastikan sebuah peristiwa kejahatan benar-benar terjadi.

Yohanes khawatir jika siaran langsung bisa membuat asumsi publik berkembang sebelum hakim menjatuhkan putusan. Lalu yang kedua adalah, pengadilan tidak ingin menghancurkan konten persidangan.

Baca juga: Tanggapan Presiden Jokowi Terkait Ditangkapnya Menteri KKP Edhy Prabowo Oleh KPK

Karena jika konten sidang diumbar, juga dikhawatirkan akan berpotensi membuat aktor-aktor yang terlibat melakukan rekayasa dalam keterangannya. "Pihak-pihak yang berperkara ini kan mengajukan saksi dan data. Jangan sampai ini terkontaminasi. Ini yang dijaga hakim," ujar Yohanes.

Pertimbangan yang terakhir adalah, peradilan merupakan ranah personal. Dengan tidak diberitakannya kepada publik, orang yang diajukan ke pengadilan sudah pasti menjadi beban keluarga, kerabat, maupun almamaternya.

Yohanes pun mengibaratkan jika seorang ayah ingin melerai anak-anaknya yang sedang berkelahi, pasti akan dibawa masuk ke rumah dan tidak justru dipertontonkan ke halayak banyak. Lebih lanjut lagi, Yohanes menegaskan pengadilan tidak melarang media untuk meliput dan diperbolehkan merekam jalannya pengadilan seperlunya.

(tys/tempo)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)