home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jaksa Ajukan Bukti Baru di Sidang Kasus Sianida, Pengacara Jessica: "Nggak Boleh Dong"

Jumat, 20 Januari 2017 11:30 by tyassss | 1935 hits
Jaksa Ajukan Bukti Baru di Sidang Kasus Sianida, Pengacara Jessica: "Nggak Boleh Dong"
Image source: tribunnews

DREAMERS.ID - Sekitar 3 bulan setelah sidang vonis tak terdengar kabarnya, Jessica Kumala Wongso bersama tim kuasa hukumnya sudah bersiap untuk mengajukan sidang banding atas kasus kematian Wayan Mirna Salihin karena sianida yang ada di dalam kopi yang diminumnya.

Tetapi selain dari pihaknya, Otto Hasibuan selaku pengacara Jessica mengungkapkan bahwa Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta telah menyerahkan bukti-bukti baru kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dalam sidang banding di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Otto menjelaskan bahwa bukti tersebut berupa flashdisk berkapasitas 4 gigabyte yang mana isinya belum pernah diperlihatkan dalam sidang tuntutan. Selain itu, adapun bukti baru lainnya berupa dokumen berisi surat-surat keterangan yang juga tak pernah muncul di sidang sebelumnya.

Baca juga: Harapan Terakhir Kasus Sianida Jessica Wongso yang Buat Sang Ibu Terus Menangis

"Bagaimana bisa ada bukti yang baru muncul di pengadilan perkara banding? Sedangkan di pengadilan negeri itu tidak pernah muncul flashdisk 64 gigabyte. Kita tidak bisa komentari isinya karena kita tidak pernah lihat," kata Otto seusai acara diskusi di kampus Pascasarjana Universitas Pelita Harapan, Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (19/1), mengutip Detik.

Menurutnya, perbuatan jaksa ini tidak dibenarkan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Otto menyebut hanya penasihat hukum yang boleh mengajukan bukti baru di tahap sidang banding hingga peninjauan kembali (PK) demi kepentingan nasib kliennya. 

"Nggak boleh, dong (JPU memasukkan bukti baru di sidang banding). Nggak bisa dong, kecuali advokat yang mengajukan bukti. Dari jaksa kan udah selesai," tegasnya. Otto berharap kliennya akan mendapat keadilan lewat putusan hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. 

(tys/detik)

Komentar
  • HOT !
    Dilansir dari Korea Times, outlet media Daily NK, baru baru ini melaporkan bahwa seorang siswa sekolah menengah di Hyesan, sebuah kota Korea Utara yang berbatasan dengan China, dijatuhi hukuman 14 tahun kerja paksa karena menonton film Korea Selatan...
  • HOT !
    BTS baru baru ini membawa pulang tiga piala di ajang penghargaan musik bergengsi American Music Awards 2021. Secara khusus, mereka menorehkan sejarah sebagai artis Asia pertama yang meraih penghargaan Artist of the Year....
  • HOT !
    Seperti yang diberitakan sebelumnya, cuti Bersama akhir tahun dihapus oleh pemerintah sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi SKB Tiga Menteri Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, serta Nomor 3 Tahun 2021 tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama 2021....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)