home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makan Banyak Korban, Ini Alasan Bom ISIS Belgia Disebut ‘Biangnya Setan’

Minggu, 27 Maret 2016 23:00 by reinasoebisono | 2268 hits
Makan Banyak Korban, Ini Alasan Bom ISIS Belgia Disebut ‘Biangnya Setan’
Image source: Telegraph.c

DREAMERS.ID - Bom yang terjadi di Bandara dan stasiun metro Brussels, Belgia memang cukup mematikan. Selain daya ledak yang besar, para korban tewas pun dilaporkan tercerai berai dan banyak yang hidup dalam kondisi tak utuh.

Kini polisi Belgia telah berhasil mengidentifikasi ketiga pelaku yang terekam gambar CCTV, mereka juga menggeledah apartemen yang diduga menjadi tempat beroperasi untuk meledakkan bom nahas yang disebut bom ‘biangnya setan’ itu. Apa alasan julukan tersebut?

1. Mudah Meledak

Bom yang ditemukan polisi Belgia adalah jenis TATP dan berjumlah total 15 kg! Bahan peledak TATP dikenal sangat rapuh dan mudah meledak. Bom ini bisa meledak hanya karena sundutan rokok, bahkan jika diletakkan di tempat yang cukup panas.

2. Mudah Dibuat

Baca juga: Pelaku Teror Paris dan Brussels Berencana Serang Ajang Euro 2016

TATP adalah bom favorit ISIS karena sangat mudah dibuat. Bahkan bahan pembuatnya bisa didapatkan di toko swalayan. Di antaranya adalah aseton, cairan pembersih, pemutih kayu dan asam sulfur dengan total biaya kurang dari Rp500 Ribu. Tragedi bom Paris yang menewaskan 130 orang juga diketahui menggunakan bahan peledak semacam ini.

3. Dibuat Dalam Skala Industri Besar

Menurut lembaga Conflict Armament Research, ISIS diketahui membuat bom jenis ini di Irak dan Suriah dalam skala besar hingga bisa disebut industri. Cukup miris untuk produk yang dibuat adalah bom. Namun sejak 2014, Uni Eropa telah membuat peraturan agar negara-negara di sana membatasi penjualan bahan kimia yang bisa digunakan sebagai bahan peledak.

(rei/CNN)

Komentar
  • HOT !
    Pemerintah disebut tengah merencanakan penerapan bayar tol tanpa kartu yang pasti akan memangkas waktu pembayaran di gerbang tol yang kadang sering memicu kemacetan. Rencana ini akan diterapkan mulai akhir tahun sebagai uji coba dan efektif berlaku pada 2023 2024....
  • HOT !
    PPKM atau yang memiliki kepanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dengan level level dalam menangani pandemic virus corona atau COVID 19 di seluruh Indonesia, yaitu di wilayah Jawa Bali maupun luar Jawa Bali resmi berakhir hari ini, Senin (9/5)....
  • HOT !
    Pejabat dari tim transisi Presiden terpilih Yoon Suk Yeol dikabarkan akan mengunjungi agensi BTS. Menurut juru bicara tim transisi Shin Yong Hyun pada Jumat (01/04), Ketua komite transisi presiden Ahn Cheol Soo dan anggota subkomite sosial, kesejahteraan, dan budaya berencana mengunjungi HYBE pada hari Sabtu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)