home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Lagi Secara Fisik, Kini Makin Banyak Remaja Korea Terlibat Cyber Bullying

Jumat, 12 Februari 2016 11:00 by fzhchyn | 3074 hits
Tak Lagi Secara Fisik, Kini Makin Banyak Remaja Korea Terlibat Cyber Bullying
Image source: 1080plus.co

DREAMERS.ID - Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan baru-baru ini, menunjukkan bahwa setengah dari remaja di Korea telah menjadi korban bullying secara online. Intimidasi tersebut kebanyakan terjadi melalui layanan pesan instan yang populer di kalangan remaja Korea, KakaoTalk.

Dalam melakukan survei tersebut, Korea Institute of Criminology mengambil 5.356 siswa sekolah dasar. Karena semakin banyaknya remaja yang menggnakan smartphone, bullying di sekolah yang biasa terjadi secara fisik kini telah beralih ke dunia maya.

Sebanyak 46,6% responden mengatakan bahwa mereka telah mengalami cyber bullying, namun yang lebih buruk adalah 56% mengaku telah melakukan bullying tersebut dan menjadi pelakunya. Hasil survei juga menunjukkan satu dari dua korban merupakan teman satu kelas.

Seperti dilaporkan Chosun Ilbo, para korban bully sering diundang ke grup chat lalu dilecehkan, atau pelaku membuat chatroom sendiri di mana mereka akan menyebarkan komentar kasar tentang korban di belakang.

Sementara itu, bullying yang terjadi di Facebook dan media sosial lainnya terhitung sangat kecil.

Baca juga: Stop Bullying dengan Kenali Jenis-jenisnya, Ada yang Pernah Kamu Lakukan?

Nahasnya, 4,4% korban cyber bullying ini mengatakan kalau mereka telah dianggap bunuh diri, sementara 4,5% mengatakan kalau mereka memiliki waktu yang sulit untuk menjalin pertemanan dan 5,5% lainnya merasa dikucilkan.

Sedangkan bagi para pelaku, sebanyak 23,2% mengaku bahwa mereka tidak memiliki emosi tertentu saat mem-bully temannya. Dan 14,2% merasa bersalah karena mereka hanya bersenang-senang.

“Cyber bullying sering mengarah ke kekerasan dalam kehidupan nyata,” kata Lee Seung Hyun dari lembaga survei tersebut. Sebanyak 28% korban juga mengatakan kalau kekerasan terjadi dalam kehidupan nyata.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Infeksi COVID 19 harian Korea Selatan mencapai angka tertingginya yakni lebih dari 13.000 orang pada hari Rabu (26/1). Tepatnya,  negeri ginseng menambahkan 13.012 kasus baru, melansir Korea Herald....
  • HOT !
    Korea Selatan akan segera menghadapi pemilihan umum presiden pada 9 Maret mendatang. Tidak hanya kandidat utama yang disorot, tetapi belakangan ini skandal istri kandidat calon presiden juga menjadi perbincangan panas....
  • HOT !
    Selain beberapa merek yang menyediakan vaksin booster untuk COVID 19, ada juga lho 2 tipe vaksin yang akan disuntikkan ke masyarakat. Yaitu homolog dan heterolog. Jadi, sebelum menerima vaksin booster sebagai pendukung imunitas kita, yuk pahami lebih jauh lagi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)