home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Atasi Kemacetan, Bekasi Akan Bangun Kereta Angin Seperti di Brasil

Rabu, 10 Februari 2016 10:05 by fzhchyn | 1886 hits
Atasi Kemacetan, Bekasi Akan Bangun Kereta Angin Seperti di Brasil
Image source: copa2014.go

DREAMERS.ID - Tak berbeda dengan ibu kota Jakarta, daerah tetangganya, Bekasi juga memiliki masalah yang sama yaitu kepadatan dan kemacetan. Sebab itu, pembangunan sarana transportasi massal pun dengan banyak dilakukan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Kali ini, masyarakat di Kota Bekasi dikatakan tak lama lagi akan memiliki transportasi massal jenis aeromovel seperti di Brasil. Pemerintah setempat telah menetapkan trase yang bakal dilalui kereta bertenaga angin tersebut.

Kepala Bidang Perencanaan pada Dinas Tata Kota Bekasi, Erwin Gwinda mengatakan, trase yang ditetapkan sepanjang 12 kilometer meliputi dua tahap. Tahap satu adalah Harapan Indah-Summarecon-Stasiun Bekasi-Kali Bekasi-RSUD Kota Bekasi-Bendung Bekasi-Kompleks Pengairan-Hotel Amaris-Jalan Ahmad Yani-Jalan Juanda-Stasiun.

"Tahap dua Jalan Ahmad Yani-Rawapanjang-Jalan Siliwangi-Narogong," kata Erwin di Bekasi, Selasa, mengutip laman Merdeka.com.

Baca juga: Deretan Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Naik Transjakarta

Menurut Erwin, setelah proses penetapan trasi ini, pihaknya masih menunggu feasibility study atau studi kelayakan untuk trase tersebut. Diharapkan, feasibility study tersebut sudah didapatkan pada akhir Februari ini.

Sementara itu, Waki Kota Bekasi Rahmat Efendi mengatakan bahwa pembangunan transportasi massal tersebut murni dilakukan oleh swasta yang membentuk konsorsium, antara lain PT PPP Indonesia, PT Cakar Bumi Integritas, dan PT Intiadi Dwi Mitra Sejati. Perusahaan berinvestasi senilai Rp 2 triliun untuk membangun proyek itu.

Rahmat juga mengatakan bahwa transportasi tersebut dianggap cukup mendesak bagi warga Kota Bekasi. Sebab setiap hari kemacetan terjadi di sejumlah ruas protokol, misalnya di Jalan Raya Soedirman, Jalan Raya Sultan Agung, Jalan Raya Juanda dan lainnya.

Komentar
  • HOT !
    Jakarta dan sekitarnya digegerkan oleh gempa yang terjadi di Lebak, Banten dengan magnitude 6.7 skala richter. Berbagai foto dan video memperlihatkan kepanikan warga terutama yang beraktifitas di Gedung gedung tinggi berhamburan keluar....
  • HOT !
    Selain menjadi tahun penuh tantangan, ada sederet momen memprihatinkan yang menambah perjuangan perjalanan 2021. Mulai dari bencana alam, hingga hilangnya moda transportasi besar nasional....
  • HOT !
    Indonesia dikabarkan akan menerapkan peraturan pemberlakuan micro lockdown demi menangkal virus COVID 19 varian Omicron. Namun, istilah ini sebenarnya merujuk pada PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) mikro yang sempat berjalan di samping penerapan PPKM berlevel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)