home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengandung Bakteri Berbahaya, BPOM Tarik Peredaran Buah Apel Asal Amerika Ini di Indonesia

Kamis, 29 Januari 2015 14:33 by citra09 | 2685 hits
Mengandung Bakteri Berbahaya, BPOM Tarik Peredaran Buah Apel Asal Amerika Ini di Indonesia
Image source: gianteagle.

DREAMERSRADIO.COM - Balai Besar Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) DKI Jakarta akan menarik peredaran buah Apel asal Amerika Serikat Jenis Granny Smith dan Gala di pasaran. asalnya kedua Apel tersebut diduga mengandung bakteri Listeria Monocytogenes yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

"Secepatnya kami akan lakukan operasi pasar setelah mendapatkan data dari Kementerian Pertanian. Karena yang punya data siapa distributornya adalah mereka," Kepala BPOM DKI Jakarta Dewi Prawitasari di Balaikota, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Menurutnya, dalam operasi pasar nanti BP POM DKI akan menggandeng Kementerian Pertanian. Sebab ranah untuk pengawasan peredaran buah-buahan ada di tangan Kementerian Pertanian (Kementan). "Seharusnya yang leading sistemnya adalah Kementerian Pertanian. Kami tentunya nggak se-intens mereka. Namun, kami akan tetap turun," katanya.

Baca juga: Variasi Buah yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Dewi mengatakan, dari informasi yang diperoleh, apel asal Amerika tersebut sudah banyak beredar di pasaran khususnya di Jakarta. Namun, pihaknya belum mengetahui dimana saja distributornya berada.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, sudah meminta semua pedagang buah agar tak menjual apel asal Amerika itu ke konsumen. "Udah distop. Enggak boleh impor lagi," kata Ahok, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (27/1).

Kalau pun masih ada yang beredar, Ahok sudah memerintahkan secepat mungkin untuk ditarik dari pasar. Dia tak mau ada kecerobohan sehingga warga jadi korban. "Harusnya udah enggak boleh beli, enggak boleh jual lagi, kan udah stop," tambahnya. (fad)

Source:
Komentar
  • HOT !
    Perayaan Tahun Baru Imlek di Amerika Serikat dinodai oleh tragedi penembakan massal yang menyisakan duka mendalam dan disebut sebagai salah satu insiden penembakan massal terburuk di California karena menewaskan 11 orang pada hari Sabtu (21/01) waktu setempat....
  • HOT !
    Arab Saudi sedang berupaya melonggarkan undang undang pernikahan mereka sehingga Cristiano Ronaldo dapat tinggal bersama kekasihnya Georgina Rodriguez saat bermain di negara tersebut....
  • HOT !
    Gunung Semeru erupsi pada Minggu (4/12) pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1500 m di atas puncak (± 5176 m di atas permukaan laut). Selain pemerintah setempat yang meningkatkan kewaspadaan, Jepang juga waspada akan tsunami yang datang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : istynm
Cast : Nadya Fatira, Justin Bieber

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)