home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tim Investigasi Khusus Tragedi Itaewon Menggeledah Kantor Kepolisian Seoul

Rabu, 02 November 2022 15:10 by muthiasp | 930 hits
Tim Investigasi Khusus Tragedi Itaewon Menggeledah Kantor Kepolisian Seoul
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Sebuah tim investigasi polisi khusus menggeledah Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, Kantor Polisi Yongsan dan enam kantor lainnya pada hari Rabu (2/11) sebagai bagian dari penyelidikan atas tanggapan polisi yang ceroboh terhadap tragedi Itaewon.

Penggeledahan itu terjadi sehari setelah Badan Kepolisian Nasional mengakui 11 panggilan darurat yang memperingatkan kepadatan di Itaewon mulai terjadi empat jam sebelum tragedi maut, tetapi hanya sedikit tindakan yang diambil.

Berdasarkan laporan Yonhap News, delapan lokasi yang digeledah juga termasuk kantor Daerah Yongsan, Markas Besar Kebakaran & Bencana Metropolitan Seoul, stasiun pemadam kebakaran Yongsan dan markas besar Metro Seoul.

Kerumunan massa terjadi Sabtu (29/10) malam di sebuah gang sempit di distrik hiburan Seoul Itaewon dan menyebabkan 156 orang tewas, kebanyakan berusia 20-an, termasuk 26 orang asing.

Ditemukan bahwa total 79 panggilan darurat dilakukan dari daerah Itaewon mulai pukul 6 sore sampai jam 10 malam. Isi pasti dari panggilan tersebut belum diidentifikasi.

Baca juga: Polisi Tersangka Tragedi Itaewon Ditemukan Tewas, Bunuh Diri?

Dari 11 panggilan darurat yang telah terungkap ke publik, hanya satu yang dikategorikan sebagai "kode 0", yang mengharuskan petugas dikirim ke tempat kejadian secepat mungkin.

Tujuh lainnya adalah "kode 1," yang menyerukan agar kasus diprioritaskan, tetapi hanya ada empat tim yang dikonfirmasi ke tempat kejadian malam itu.

Polisi mengungkapkan yang pertama dari 11 panggilan darurat, yang dilakukan pada pukul 18.34 KST dan secara langsung menyebutkan risiko bahwa orang “dapat diremukkan sampai mati,” dianggap sebagai keluhan rutin atas ketidaknyamanan yang tidak menimbulkan bahaya langsung.

Catatan menunjukkan bahwa tidak ada panggilan yang dilakukan ke 119 sebelum tragedi terjadi. Panggilan pertama yang diterima oleh pusat operasi darurat 119 adalah pada pukul 22:15 KST, perkiraan waktu terjadinya bencana. Tim penyelamat darurat pertama tiba di tempat kejadian 14 menit kemudian.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Investigasi resmi atas dugaan penyelewengan dana oleh CEO Hook Entertainment, Kwon Jin Young, telah dimulai oleh Kantor Layanan Pajak Nasional Korea Selatan pada 1 Desember 2022....
  • HOT !
    Ditjen Imigrasi mengamankan delapan Warga Negara Korea Selatan di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan pada Senin (21/11). Mereka diduga menyalahgunakan visa turis untuk bekerja, dan melakukan play victim saat ditangkap....
  • HOT !
    Meski sempat ada ancaman teror bom hingga insiden 30 orang pingsan yang terjadi pada hari pertama, namun konser NCT 127 2ND TOUR 'NEO CITY JAKARTA : THE LINK' hari kedua pada Sabtu (5/11) tetap berjalan dengan syarat yang tegas....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : GaemIcha
Cast : Kim Myungsoo [Infinite]

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)