home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mirip Drama 'Big Mouth', Korsel Punya Laboratorium Bawah Tanah

Rabu, 05 Oktober 2022 14:00 by muthiasp | 603 hits
Mirip Drama 'Big Mouth', Korsel Punya Laboratorium Bawah Tanah
Image source: Yonhap

DREAMERS.ID - Lembaga penelitian Korea Selatan mengungkapkan bahwa mereka telah membangun fasilitas penelitian bawah tanah terdalam, yang menjadi sebuah langkah untuk membuka misteri alam semesta.

Mengutip laman Korea Times, Institute of Basic Science (IBS) Korea Selatan mengatakan bahwa Lab Yemi terletak 1.100 meter di bawah tanah Gunung Yemi di Provinsi Gangwon timur. Lab tersebut akan resmi dibuka tahun depan.

Laboratorium ini mencakup area seluas 3.000 meter persegi, yang dapat menampung lebih dari 10 jenis penelitian eksperimental pada saat yang bersamaan.

IBS mengatakan fasilitas bawah tanah akan membantu para penelitinya mendeteksi sinyal dari bahan yang kurang dikenal ini tanpa mengganggu kebisingan latar belakang atau sinar dari luar.

Banyak negara maju memiliki fasilitas penelitian bawah tanah seperti itu, termasuk Fasilitas Penelitian Bawah Tanah Sanford AS yang terletak 1.478 m di bawah tanah, dan Laboratorium Observatorium Neutrino Sudbury Kanada 2.300 m di bawah tanah.

Baca juga: Kronologi Temuan Jasad Bayi yang Disembunyikan dalam Wadah Kimchi Selama 3 Tahun

Proyek senilai 31 miliar won yang dimulai pada tahun 2017, bertujuan untuk melakukan studi tentang penciptaan alam semesta dan komposisinya melalui pendeteksian "materi gelap" dan mengukur massa "neutrino."

"Materi gelap" mengacu pada komponen alam semesta yang kehadirannya dilihat dari daya tarik gravitasinya daripada luminositasnya (kilauan). Ini menyumbang sekitar 30 persen dari materi alam semesta, tetapi sifat yang tepat dari materi tersebut saat ini tidak diketahui.

Sejumlah peneliti telah melakukan upaya untuk mendeteksi dan mengukur sifat-sifat partikel masif yang berinteraksi lemah, sebuah hipotesis tentang apa yang terkandung dalam materi gelap, tetapi sejauh ini telah menghasilkan hasil yang lebih rendah dari yang diperkirakan.

Neutrino adalah partikel netral elektrik yang sangat kecil yang merupakan bagian dari fermion elementer yang terdiri dari gaya fundamental alam semesta. Sebagian besar sifat esensial neutrino juga tetap tidak diketahui, dan para peneliti IBS akan melakukan studi tentang masalah ini di Lab Yemi.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Investigasi resmi atas dugaan penyelewengan dana oleh CEO Hook Entertainment, Kwon Jin Young, telah dimulai oleh Kantor Layanan Pajak Nasional Korea Selatan pada 1 Desember 2022....
  • HOT !
    Ditjen Imigrasi mengamankan delapan Warga Negara Korea Selatan di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan pada Senin (21/11). Mereka diduga menyalahgunakan visa turis untuk bekerja, dan melakukan play victim saat ditangkap....
  • HOT !
    Meski sempat ada ancaman teror bom hingga insiden 30 orang pingsan yang terjadi pada hari pertama, namun konser NCT 127 2ND TOUR 'NEO CITY JAKARTA : THE LINK' hari kedua pada Sabtu (5/11) tetap berjalan dengan syarat yang tegas....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : GaemIcha
Cast : Kim Myungsoo [Infinite]

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)