home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lubang Misterius Kembali Ditemukan di Dasar Laut, Ahli: Seperti Digali Oleh Sesuatu

Selasa, 02 Agustus 2022 13:00 by muthiasp | 683 hits
Lubang Misterius Kembali Ditemukan di Dasar Laut, Ahli: Seperti Digali Oleh Sesuatu
Image source: Science

DREAMERS.ID - Lubang misterius kembali ditemukan di dasar Samudra Atlantik oleh kru Kapal Okeanos Explorer dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Lubang misterius itu berada pada kedalaman 2,6 kilometer dengan penyebab yang masih belum diketahui.

Melansir laman CNN Indonesia, kru kapal tersebut menemukan lubang misterius dengan formasi sejajar saat mereka menyelidiki Mid-Atlantic Ridge, wilayah dasar laut Bumi yang sebagian besar belum dijelajahi dan merupakan bagian dari pegunungan terbesar di dunia.

Lubang-lubang tersebut membentuk garis lurus dan muncul pada jarak yang berulang secara teratur, serta dikelilingi oleh gundukan kecil sedimen. Ini kedua kalinya lubang misterius ditemukan di perairan dalam.

Sebelumnya, dua ilmuwan kelautan dari US National Marine Fisheries Service juga menemukan lubang misterius di dasar laut pada 2004. Ahli berpendapat bahwa lubang misterius tampak seperti buatan manusia, tetapi juga terindikasi digali oleh sesuatu.

"Lubang-lubang ini sebelumnya pernah dilaporkan dari wilayah tersebut, tetapi asal-usulnya tetap menjadi misteri. Meskipun terlihat hampir seperti buatan manusia, tumpukan kecil sedimen di sekitar lubang membuatnya tampak seperti digali oleh... sesuatu," tulis para peneliti NOAA di Facebook.

Jurnal karya ilmuwan Michael Vecchione dan Odd Aksel Bergstad (2004) mengatakan bahwa organisme yang hidup di atau menyaring sedimen dasar laut sebagai pembuat lubang. Namun dikarenakan tidak ada yang melihat makhluk seperti itu membuat lubang, asal-usul pastinya tidak diketahui.

Di sisi lain, publik terlanjur membuat spekulasi dengan menduga bahwa lubang tersebut dibuat oleh gas yang keluar, ulah manusia bawah air yang menggali harta karun, hingga alien.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Rekor hujan terlebat setelah 80 tahun di wilayah Seoul pada Senin (8/8) malam menyebabkan tujuh orang tewas dan enam lainnya hilang. Banyak wilayah Seoul terendam banjir, termasuk kawasan elit Gangnam hingga stasiun kereta bawah tanah....
  • HOT !
    Lubang misterius kembali ditemukan di dasar Samudra Atlantik oleh kru Kapal Okeanos Explorer dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Lubang misterius itu berada pada kedalaman 2,6 kilometer dengan penyebab yang masih belum diketahui....
  • HOT !
    Pelaku penembakan Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe semakin terungkap dengan foto foto pergulatannya dengan petugas pengamanan pada saat insiden terjadi. Terlihat seseorang yang dilaporkan berusia 40 tahunan berusaha ditumbangkan oleh beberapa petugas berseragam ekmeja putih dan jas hitam....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)