home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Stop! Jangan Sebar Lagi Foto-Video Korban Kecelakaan Beruntun Balikpapan Bisa Picu Trauma

Jumat, 21 Januari 2022 12:56 by reinasoebisono | 610 hits
Stop! Jangan Sebar Lagi Foto-Video Korban Kecelakaan Beruntun Balikpapan Bisa Picu Trauma
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Jagat maya, utamanya sosial media Twitter dihebohkan dengan banyaknya foto dan video kecelakaan maut di turunan wilayah Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.Kejadian tersebut dilaporkan terjadi ketika truk tronton rem blong hingga lepas kendali dan menabrak beberapa pengendara.

Dari peristiwa nahas tersebut, lima orang dilaporkan tewas, setelah sebelumnya beredar kabar 19 orang korban tewas. Detik-detik kecelakaan maut itu pun tersebar luas di media sosial. Mirisnya, foto dan video jenazah korban kecelakaan juga bebas diakses di Twitter pada Jumat (21/1).

"Iya tadi pagi (kejadiannya) jam 5 lebih," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo saat dimintai konfirmasi melansir Detik.

Hal ini pun mendapat banyak respon dari netizen yang meminta akun pengunggah untuk menyensor gambar korban yang tidak pantas untuk disebarkan. Menurut psikolog klinis dewasa Wulan Ayu Ramadhani MPsi, foto korban kecelakaan yang tersebar di media sosial bisa memicu rasa syok dan kesedihan mendalam.

Baca juga: Duh, KNKT Tidak Temukan Jejak Pengereman Di Lokasi Kecelakaan Maut Bus Bantul?

"Keluarga bisa saja masih syok dan trauma atau bahkan bisa jadi belum bisa menerima kondisi tersebut," beber Wulan.

Mengaminkan hal tersebut, psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center menyarankan setiap orang untuk bijak membagikan informasi kecelakaan di media sosial. Jangan sampai, kabar yang diberikan malah memicu rasa trauma dan cemas banyak orang.

"Cukup sebarkan beritanya saja. Karena kita tidak tahu apakah foto yang kita sebarkan tersebut dapat mentrigger kecemasan dan muncul kembali trauma pada orang lain yang melihatnya," beber Rahma.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kabar terbaru, Kawasan Ancol akan ditutup untuk masyarakat umum tanggal 4 Juni karena digelarnya balapan Formula E. Bahkan, untuk warga yang ingin akses ke pantai pun tetap harus memiliki tiket Formula E....
  • HOT !
    Pada Kamis (12/5), Korea Utara mengumumkan kasus pertama varian omicron dari COVID 19 dan menyatakan penerapan sistem pengendalian virus "darurat maksimum", mengakhiri klaim bebas virus corona yang sudah berlangsung lama....
  • HOT !
    Dalam perhelatan Grammy Awards 2022, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy membagikan pesan untuk penonton tentang negaranya yang sedang mengalami krisis. Ini yang dibagikannya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)