home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Gempa Banten Terasa Sampai Jakarta! Ini Alasan Mengapa Pasca Gempa Terasa Mual Pusing

Jumat, 14 Januari 2022 17:18 by reinasoebisono | 1346 hits
Heboh Gempa Banten Terasa Sampai Jakarta! Ini Alasan Mengapa Pasca Gempa Terasa Mual Pusing
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Jakarta dan sekitarnya digegerkan oleh gempa yang terjadi di Lebak, Banten dengan magnitude 6.7 skala richter. Berbagai foto dan video memperlihatkan kepanikan warga terutama yang beraktifitas di Gedung-gedung tinggi berhamburan keluar.

Bahkan keyword ‘Lagi enak enak’ jadi trending di Twitter. Gempa kerap menyisakan rasa mual dan pusing di kepala. Melansir Detik, beberapa orang juga merasakan badannya masih bergoyang padahal gempa telah berakhir.

Hal tersebut sering disebut ‘post-earthquake dizziness syndrome’. Bahkan ada catatan tentang PEDS yang dilaporkan usai gempa 6.4 SR di Kumamoto, Jepang tahun 2016. Sekitar 200 orang merasakan mual dan gangguan keseimbangan yang disebut phantom earthquakes bahkan sampai beberapa bulan setelah gempa terjadi!

Ada berbagai teori terkait faktor fenomena ini. Pada ahli menjelaskan, mekanismenya sama seperti motion sickness atau mabuk perjalanan. Saat terjadi guncangan, gerakan yang dialami tubuh tidak sinkron dengan visual yang ditangkap oleh mata sehingga memicu keluhan tidak nyaman.

Teori lain berhubungan dengan kondisi psikologis, yakni fobia terhadap gempa susulan. Meski pada akhirnya tidak ada gempa yang terjadi, tubuh mengantisipasinya dengan kepanikan. Karena itu selalu diminta untuk tetap tenang dan kurangi panik.

Stay safe dan waspada selalu ya, Dreamers. Gimana rasanya gempa tadi?

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rekor hujan terlebat setelah 80 tahun di wilayah Seoul pada Senin (8/8) malam menyebabkan tujuh orang tewas dan enam lainnya hilang. Banyak wilayah Seoul terendam banjir, termasuk kawasan elit Gangnam hingga stasiun kereta bawah tanah....
  • HOT !
    Lubang misterius kembali ditemukan di dasar Samudra Atlantik oleh kru Kapal Okeanos Explorer dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Lubang misterius itu berada pada kedalaman 2,6 kilometer dengan penyebab yang masih belum diketahui....
  • HOT !
    Pelaku penembakan Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe semakin terungkap dengan foto foto pergulatannya dengan petugas pengamanan pada saat insiden terjadi. Terlihat seseorang yang dilaporkan berusia 40 tahunan berusaha ditumbangkan oleh beberapa petugas berseragam ekmeja putih dan jas hitam....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)