home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kabar Baik! Pemerintah Akan Segera Keluarkan Izin Penggunaan Vaksin Booster

Rabu, 29 Desember 2021 20:25 by reinasoebisono | 8907 hits
Kabar Baik! Pemerintah Akan Segera Keluarkan Izin Penggunaan Vaksin Booster
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pemerintah disebut akan segera memberikan vaksin booster atau vaksin ketiga. Hal ini sesuai rencana awal pemerintah. Terlebih dengan informasi varian baru COVID-19 yang kurang efektif ditangkal hanya dengan vaksin dua kali suntik.

Melansir Detik, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan segera mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) untuk vaksin COVID-19 booster.

"Rencana pemerintah akan memberikan vaksin booster, kami perlu melaporkan bahwa BPOM telah berproses sekarang untuk segera mengeluarkan use of authorization," kata Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Rabu, (29/12).

Penny turut menjelaskan jika jenis vaksin booster yang direncanakan pemerintah antara lain adalah Pfizer, Astrazeneca, CoronaVac, Zifivax dan Sinopharm. Penny berharap izin penggunaan ini bisa keluar dalam waktu dekat.

Baca juga: Korea Utara Baru Digempur COVID-19, Laporkan Ratusan Ribu Orang Demam

"Untuk beberapa vaksin booster yang akan direncanakan oleh pemerintah yaitu untuk Pfizer, Astrazeneca, CoronaVac, Zifivax dan yang juga sedang beproses Sinopharm. Ini sedang dalam proses semuanya dalam waktu dekat mudah-mudahan," ujar Penny.

Di samping pembahasan vaksin booster, BPOM juga tengah mengawal vaksin COVID-19 dalam negeri yaitu vaksin Merah Putih dan Baylor College Medicine. Vaksin Merah Putih kini sedang dalam tahap persiapan produksi untuk produk uji klinik yang nantinya akan segera menuju uji klinik fase satu. Sementara Baylor College Medicine telah masuk tahap uji klinik fase satu.

"Kami pun juga mengawal dan ini menjadikan prioritas untuk mendukung kemandirian kita dari produk vaksin sedang mengawal juga jenis vaksin Covid-19 dalam negeri, yaitu pertama vaksin Merah Putih sekarang dalam tahap persiapan produksi untuk produk uji kliniknya, jadi akan segera menuju uji klinik fase satu," ujar Penny.

"Vaksin Covid-19 yang disebut Baylor College Medicine ini sudah masuk ke dalam tahap uji klinik fase satu dengan target apabila semua berjalan dengan baik, data data baik, targetnya akan selesai sekitar bulan Juni, Juli, sehingga produksi bisa dilakukan pada semester kedua 2022," imbuhnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kabar terbaru, Kawasan Ancol akan ditutup untuk masyarakat umum tanggal 4 Juni karena digelarnya balapan Formula E. Bahkan, untuk warga yang ingin akses ke pantai pun tetap harus memiliki tiket Formula E....
  • HOT !
    Pada Kamis (12/5), Korea Utara mengumumkan kasus pertama varian omicron dari COVID 19 dan menyatakan penerapan sistem pengendalian virus "darurat maksimum", mengakhiri klaim bebas virus corona yang sudah berlangsung lama....
  • HOT !
    Dalam perhelatan Grammy Awards 2022, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy membagikan pesan untuk penonton tentang negaranya yang sedang mengalami krisis. Ini yang dibagikannya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)