home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral video Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Guguran, Apa Kata BPPTKG?

Minggu, 12 Desember 2021 14:27 by reinasoebisono | 1132 hits
Viral video Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Guguran, Apa Kata BPPTKG?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Di tengah duka bencana alam Gunung Semeru yang dirasakan masyarakat, kini beredar video detik-detik Gunung Merapi mengeluarkan awan panas guguran atau APG. Gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan DIY itu pun viral di Twitter hari ini, Minggu (12/12).

Melansir Kompas, video tersebut diunggah oleh @merapi_uncover yang memperlihatkan kepulan awan panas besar memenuhi sekitar Gunung Merapi. Terpantau video tersebut telah dilihat sebanyak 9.000-an kali, dibagikan 192 kali dan disukai 511 kali oleh netizen.

Pihak Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pun memberikan penjelasan terkait hal tersebut. Kepala Balai BPPTKG Hanik Humaida membenarukan jika Merapi mengluarkan APG pada hari ini.

Hanik menyebut, awan panas guguran Gunung Merapi tercatat pada pukul 10.18 WIB dengan amplitudo 27 milimeter dan durasi 158 detik. "Jarak luncurnya 2.000 meter ke arah barat daya, arah angin ke timur," katanya.

Ia menjelaskan, potensi bahaya dari guguran lava dan awan panas saat ini ada pada sector tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 kilometer kea rah Sungai Woro. Potensi bahaya juga terdapat pada jarak 5 kilometer kea rah Sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Apabila terjadi erupsi eksplosif, Hanik menyebut lontaran material vulkanik dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak. BPPTKG pun meminta masyarakat tidak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya.

"Masyarakat agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Merapi," jelas dia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)