home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Varian Omicron Ditemukan, Angka Positif COVID-19 di Korsel Tembus 5000 Kasus

Kamis, 02 Desember 2021 18:00 by muthiasp | 5666 hits
Varian Omicron Ditemukan, Angka Positif COVID-19 di Korsel Tembus 5000 Kasus
Image source: Korea Herald

DREAMERS.ID - Untuk pertama kalinya, kasus positif COVID-19 baru di Korea Selatan menembus angka 5000 pada Rabu (1/12). Dokter unit perawatan intensif (ICU) di rumah sakit top negara itu memperingatkan bahwa mungkin akan segera dipaksa untuk memilih pasien mana yang didahulukan mendapatkan perawatan yang menyelamatkan jiwa.

Jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19 parah atau kritis meningkat lebih dari dua kali lipat selama sebulan setelah Korea memulai rencananya 'kembali ke normal' dengan melonggarkan sejumlah aturan.

Pada 1 November ada 343 pasien parah atau kritis di negara itu. Kemudian pada 1 Desember, jumlahnya melonjak menjadi 723, tertinggi yang pernah ada, hampir tidak menyisakan 10 persen dari semua tempat tidur ICU gratis di dan sekitar Seoul.

Laporan situasi pada Rabu (1/12)  dari Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea menunjukkan 5.123 kasus dan 34 kematian baru dikonfirmasi dalam 24 jam sebelumnya, melampaui rekor tertinggi sebelumnya 4.115 kasus yang ditetapkan pada 24 November.

Baca juga: Begini Cara Menikmati Kimchi Jjigae Seperti Warga Lokal Korea

Jika Korea tetap dengan kebijakan saat ini yang bertujuan mengembalikan kehidupan normal, maka diprediksi kasus harian bisa mencapai 10.000 pada akhir Januari, menurut perkiraan baru oleh spesialis kedokteran pencegahan Dr. Jung Jae-hun.

Melansir Korea Herald, Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea pada Rabu malam mengumumkan bahwa Korea Selatan telah menemukan kasus pertama varian baru Omicron, pada pasangan berusia 40-an yang baru-baru ini bepergian ke Nigeria, seorang pria berusia 30-an yang mereka temui, dan putrinya.

Sejauh ini semua pasien yang dikonfirmasi dengan omicron menunjukkan gejala ringan. Delapan orang yang telah melakukan kontak dengan pasangan itu sedang menunggu hasil tes, di samping 45 penumpang yang berada dalam penerbangan yang sama.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jakarta dan sekitarnya digegerkan oleh gempa yang terjadi di Lebak, Banten dengan magnitude 6.7 skala richter. Berbagai foto dan video memperlihatkan kepanikan warga terutama yang beraktifitas di Gedung gedung tinggi berhamburan keluar....
  • HOT !
    Selain menjadi tahun penuh tantangan, ada sederet momen memprihatinkan yang menambah perjuangan perjalanan 2021. Mulai dari bencana alam, hingga hilangnya moda transportasi besar nasional....
  • HOT !
    Indonesia dikabarkan akan menerapkan peraturan pemberlakuan micro lockdown demi menangkal virus COVID 19 varian Omicron. Namun, istilah ini sebenarnya merujuk pada PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) mikro yang sempat berjalan di samping penerapan PPKM berlevel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)