home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ngantuk Tiba-tiba Saat Berkendara? Waspada Microsleep yang Jadi Pemicu Kecelakaan

Jumat, 05 November 2021 20:11 by muthiasp | 1123 hits
Ngantuk Tiba-tiba Saat Berkendara? Waspada Microsleep yang Jadi Pemicu Kecelakaan
Image source: SleepScore

DREAMERS.ID - Sangat disarankan untuk mengemudi dalam kondisi prima, bahkan tidak dianjurkan jika mengantuk sedikit pun. Pasalnya, pengemudi bisa saja mengalami microsleep yang tidak disadari dan memicu terjadinya kecelakaan.

Melansir Alodokter, microsleep atau tidur sekejap adalah kondisi ketika seseorang tiba-tiba tertidur selama beberapa detik. Ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, misalnya saat belajar di kelas atau bekerja di kantor, bahkan saat berkendara.

Microsleep membuat fungsi otak menurun, seperti yang berfungsi memproses suara. Sehingga sering ditemukan mereka yang mengalami microsleep tidak akan menyadari panggilan, maupun situasi ketika sebagian otak "tertidur".

Tanda-tanda kamu mengalami microsleep adalah sering menguap, tidak fokus mendengar pembicaraan sekitar, tiba-tiba menutup mata, menjatuhkan barang yang sedang dipegang, hingga hilangnya kontrol tubuh.

Ini tentu sangat berbahaya bagi pengemudi kendaraan. Ada baiknya jika sudah dirasa mengantuk, segera istirahat. Tepikan sejenak kendaraan di area peristirahatan atau bahu jalan. Bisa juga mendengarkan musik keras atau cepat, untuk menghidupkan "otak".

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Emmeril Khan Mumtaz yang sudah seminggu lebih dinyatakan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, hari ini resmi dinyatakan meninggal dunia oleh pihak keluarga sang Ayah, Ridwan Kamil. Pencarian telah dilakukan namun hingga kini belum membuahkan hasil....
  • HOT !
    Car Free Day atau memiliki nama lain Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta akan kembali diadakan menyusul adanya kelonggaran protokol Kesehatan COVID 19 dari pemerintah. Kegiatan yang kerap disebut CFD ini akan dilaksanakan hari Minggu 22 Mei 2022 mulai pukul 06.00 10.00 WIB....
  • HOT !
    Partai partai yang berkuasa dan oposisi telah membahas perlunya peninjauan cepat RUU yang memungkinkan superstar K pop BTS dan selebriti pop terkemuka lainnya untuk dibebaskan dari tugas wajib militer atau menggantinya dengan layanan publik lainnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)