home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

PT INKA Persero Rilis Kronologi Tabrakan LRT Jabodebek

Senin, 25 Oktober 2021 20:37 by muthiasp | 661 hits
PT INKA Persero Rilis Kronologi Tabrakan LRT Jabodebek
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Pada Senin (25/10), kecelakaan terjadi antara Kereta Lintas Rel Terpadu atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek jurusan Cibubur-Cawang saat melakukan uji coba di atas ruas Tol Jagorawi KM 12/600, Cipayung, Jakarta Timur.

Melansir Tribunnews, PT Industri Kereta Api (INKA) Persero dalam keterangan resminya membagikan kronologi dari kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Dua LRT tersebut bertabrakan di jalur antara Stasiun Harjamukti dan Stasiun Ciracas.

Adapun kejadian bermula saat satu rangkaian gerbong LRT sedang berhenti di jalur yang berada dekat Tol Jagorawi. "Terdapat satu rangkaian kereta akan langsir (berjalan) menumbuk rangkaian yang sedang stabling (parkir). Kereta dalam kondisi tidak berpenumpang," bunyi keterangan resmi PT INKA.

Dampak benturan tersebut seorang masinis LRT mengalami luka ringan dan sudah berada di rumah sakit. General Manager Sekretaris Perusahaan PT Inka Puguh Dwi Tjahjono mengatakan masinis mengalami trauma.

Namun perihal penyebab kecelakaan belum ditemukan, "Untuk penyebab kecelakaan masih dilakukan investigasi dari tim PT INKA," tulis keterangan resmi PT INKA.

Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa. Hal itu dipastikan setelah pihaknya berkoordinasi dengan pengelola Light Rail Transit (LRT).

Dikutip dari laman CNBC Indonesia, Direktur Utama PT Inka (Persero) Budi Noviantoro selaku pembuat kereta LRT membeberkan indikasi awal terjadinya kecelakaan adalah kesalahan prosedur saat uji coba berlangsung.

"Ya pasti, pasti karena terjadi human error dimana masinis pada saat langsir kecepatanya melebihi. Nanti hasilnya akan diinvestigasi oleh KNKT. Tapi indikasi awal berdasarkan situasi di lapangan seperti itu."

"Terjadi pada saat langsir, treknya juga belum beroperasi tidak ada penumpang, masih pada taraf pengujian baik infrastruktur dan sarana," katanya saat konferensi pers, Senin (25/10).

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Kementerian Pertahanan Korea Selatan menekankan bahwa perlunya "kehati hatian" dalam mempertimbangkan apakah akan mengizinkan pembebasan dinas militer aktif untuk superstar K pop BTS dan artis top lainnya, dengan alasan populasi negara yang menyusut dan faktor lainnya....
  • HOT !
    Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the Korean Society of School Health, mengatakan bahwa penggemar obsesif K pop dan mereka yang memiliki minat mendalam pada bidang tertentu lainnya cenderung lebih bahagia daripada yang lain....
  • HOT !
    Putri Charlotte anak dari Pangeran William dan Kate Middleton disebut sebut sebagai anak terkaya di dunia. Menurut studi perusahaan mainan, Electric Rides on Cars, kekayaan bersih Putri Charlotte sebesar £ 3,6 miliar atau sekitar Rp 70 triliun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ghassanianna
Cast : Wooyoung, Hanna (karakter fiktif), Nichkhun, 2PM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)