home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dilaporkan Setengah Juta Serikat Pekerja Korsel Demo ke Jalan, Ada yang Pakai Kostum Squid Game

Jumat, 22 Oktober 2021 14:00 by muthiasp | 892 hits
Dilaporkan Setengah Juta Serikat Pekerja Korsel Demo ke Jalan, Ada yang Pakai Kostum Squid Game
Image source: CBS News

DREAMERS.ID - Puluhan ribu anggota serikat pekerja turun ke jalan di seluruh Korea Selatan pada Rabu (20/10) untuk menuntut kondisi kerja yang lebih baik bagi pekerja tidak tetap dan kenaikan upah minimum. Ini terlepas dari peringatan berulang kali pemerintah bahwa unjuk rasa itu ilegal dan melanggar pembatasan Covid-19.

Melansir laman The Strait Times, Konfederasi Serikat Buruh Korea (KCTU) mengatakan sekitar 80.000 - 550.000 anggota bergabung dalam aksi unjuk rasa di 13 kota, yang menyebabkan kemacetan dan gangguan lalu lintas yang parah. Seoul sendiri mencatat peserta demo 30.000 orang.

Pekerja tidak tetap tidak menerima tunjangan penuh di bawah undang-undang perburuhan Korea Selatan. Mereka termasuk pekerja sementara dan pekerja kontrak. Sehingga mereka terlihat mengibarkan bendera dan meneriakkan hak-hak buruh yang lebih baik.

Menariknya, sebagian peserta demo datang dengan kostum Squid Game. Ada yang hanya menggunakan topeng, ada pula yang lengkap dengan seragam merah. Squid Game sendiri mengangkat isu sosial tentang kondisi ekonomi banyak warga Korea Selatan.

Polisi dan pemerintah kota Seoul telah berulang kali mengeluarkan peringatan bahwa pertemuan berskala besar seperti itu bertentangan dengan Undang-Undang Pencegahan Penyakit Menular. Semua demonstrasi dilarang di bawah langkah-langkah jarak sosial Level 4 di Seoul dan sekitarnya.

Presiden Moon Jae In juga mendesak KCTU untuk menahan diri dari aksi unjuk rasa, dengan mengatakan bahwa hal itu dapat mempersulit otoritas kesehatan untuk memperlambat penyebaran Covid-19.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Pada bulan Mei lalu, sidang akhir diputuskan untuk menjatuhkan vonis seumur hidup kepada ibu angkat bayi Jung In bermarga Jang. Dalam sidang banding yang digelar baru baru ini pada 26 November, hukuman tersebut diringankan menjadi 35 tahun kurungan penjara....
  • HOT !
    Sangat disarankan untuk mengemudi dalam kondisi prima, bahkan tidak dianjurkan jika mengantuk sedikit pun. Pasalnya, pengemudi bisa saja mengalami microsleep yang tidak disadari dan memicu terjadinya kecelakaan....
  • HOT !
    Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 88 Tahun 2021 yang ditetapkan sejak 21 Oktober 2021, penumpang pesawat wajib melakukan tes PCR sebelum terbang. Aturan tersebut berlaku mulai Minggu, 24 Oktober 2021....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)