home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mendiang Prajurit Transgender Menangkan Putusan Pengadilan Atas Pemecatan Paksa dari Tentara Korea

Kamis, 07 Oktober 2021 13:15 by fzhchyn | 631 hits
Mendiang Prajurit Transgender Menangkan Putusan Pengadilan Atas Pemecatan Paksa dari Tentara Korea
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pada Kamis (7/10), pengadilan telah memutuskan untuk mendukung seorang tentara transgender yang telah meninggal dalam gugatan yang diajukan agar keputusan Angkatan Darat untuk mengeluarkan tertara tersebut dicabut.

Ini adalah sebuah keputusan penting, yang dapat memiliki dampak mendalam dalam cara masyarakat Korea Selatan memperlakukan minoritas seksual.

Pengadilan Distrik Daejeon mengatakan bahwa militer seharusnya mempertimbangkan mendiang Sersan Byun Hee Soo sebagai seorang wanita ketika meninjau apakah dia layak untuk tugas militer setelah operasi ganti kelamin.

"Sejak dia mengajukan perubahan jenis kelamin di pengadilan dan melaporkannya ke militer, dia seharusnya dianggap sebagai perempuan ketika rumah sakit militer memeriksa apakah dia layak untuk bertugas," kata pengadilan dalam sebuah putusan.

Mantan sersan staf diberhentikan dari Angkatan Darat pada Januari tahun lalu, karena kehilangan alat kelaminnya diklasifikasikan sebagai cacat fisik di bawah hukum militer. Dia menjalani operasi pergantian kelamin saat cuti pada tahun 2019, sekitar dua tahun setelah dia secara sukarela mendaftar di militer.

"Keputusan apakah dia fit atau tidak seharusnya dibuat berdasarkan berbagai faktor, seperti keadaan khusus militer, hak-hak dasar orang-orang transgender dan opini publik," katanya, mencatat bahwa kehilangan alat kelamin itu bukan alasan yang sah atas pemecatannya karena dia seorang wanita.

Segera setelah pemecatannya, dia mengajukan banding atas keputusan tersebut dan meminta militer untuk mengizinkannya tetap melayani sebagai tentara wanita, tetapi banding tersebut ditolak.

Pada Agustus tahun lalu, dia mengajukan gugatan administratif terhadap keputusan tersebut ke pengadilan, mengklaim bahwa pemecatannya tidak konstitusional. Namun pada bulan Maret tahun ini, dia ditemukan tewas di rumahnya di Cheongju.

Angkatan Darat mengatakan "menghormati" putusan pengadilan, menambahkan bahwa pihaknya belum memutuskan apakah akan mengajukan banding atas keputusan tersebut.

"Kami akan memeriksa pernyataan hukuman dan melakukan tinjauan komprehensif tentang tindakan di masa depan," katanya dalam sebuah pernyataan, mengutip Yonhap.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Serial Netflix Korea, Hellbound, membuat penonton terkesima dengan ceritanya yang berbasis kemunculan fenomena supernatural dibarengi adanya kultus agama baru. Fenomena itu terbawa ke dunia nyata....
  • HOT !
    Korea Selatan mengalami peningkatan jumlah kasus baru COVID 19 tertinggi, hanya 17 hari setelah pemerintah menerapkan skema kembali ke normal. Krisis rumah sakit pun tidak dapat dihindari....
  • HOT !
    Perlahan tapi pasti, budaya Indonesia terus disebarkan di Korea Selatan. Sekarang giliran Gaun pengantin Bali yang dipajang di pameran Pavilion of Indonesia yang diadakan di museum budaya di Eunpyeong gu, Seoul barat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)