home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mulai Oktober 2021, Naik Pesawat dan Kereta Api Tidak Pakai PeduliLindungi

Selasa, 28 September 2021 13:00 by rizaluthfiah | 19316 hits
Mulai Oktober 2021, Naik Pesawat dan Kereta Api Tidak Pakai PeduliLindungi
Image Source : PRFM News

DREAMERS.ID - Aplikasi PeduliLindungi yang semula menjadi salah satu alat guna memantau kondisi warga yang akan berpergian, tidak akan lagi digunakan untuk transportasi umum jarak jauh. Pasalnya, pemerintah sudah menyiapkan alternatif yang lebih efektif.

Melansir CNBC Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan berpergian jarak jauh menggunakan transportasi pesawat ataupun kereta api, sekarang tidak perlu menggunakan aplikasi PeduliLindungi. 

Adapun opsi yang dimaksud adalah dengan berkolaborasi dengan sejumlah aplikasi lain yang sejaitnya sudah banyak dipakai oleh masyarakat. Seperti Gojek, Grab, Traveloka, Tokopedia, Tiket.com, Aki, LinkAja dan lainnya.

"Ini akan dilauching di bulan Oktober ini," kata Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Setiaji dalam sebuah diskusi.

Meski demikian, kebijakan ini hanya berlaku bagi masyarakat yang tidak memiliki ponsel pintar maupun mereka yang tidak dapat mengakses aplikasi PeduliLindungi, "Ini menjawab kalau ada orang yang punya handphone terus aplikasi enggak mau instal PeduliLindungi, nah bisa menggunakan ini," jelasnya.

Setiaji mengatakan, status tes antigen, tes swab PCR, maupun sertifikat vaksin sejatinya tetap bisa teridentifikasi melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK) saat membeli tiket. Saat membeli tiket kereta misalnya, validasi sudah bisa dilakukan saat pembelian tiket.

Sementara saat naik pesawat, validasi bisa dilakukan melalui pengecekan NIK di bandara dan akan muncul status bila layak bepergian atau tidak. Semua itu akan berlaku mulai Oktober 2021.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)