home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mulai Oktober 2021, Naik Pesawat dan Kereta Api Tidak Pakai PeduliLindungi

Selasa, 28 September 2021 13:00 by rizaluthfiah | 19229 hits
Mulai Oktober 2021, Naik Pesawat dan Kereta Api Tidak Pakai PeduliLindungi
Image Source : PRFM News

DREAMERS.ID - Aplikasi PeduliLindungi yang semula menjadi salah satu alat guna memantau kondisi warga yang akan berpergian, tidak akan lagi digunakan untuk transportasi umum jarak jauh. Pasalnya, pemerintah sudah menyiapkan alternatif yang lebih efektif.

Melansir CNBC Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan berpergian jarak jauh menggunakan transportasi pesawat ataupun kereta api, sekarang tidak perlu menggunakan aplikasi PeduliLindungi. 

Adapun opsi yang dimaksud adalah dengan berkolaborasi dengan sejumlah aplikasi lain yang sejaitnya sudah banyak dipakai oleh masyarakat. Seperti Gojek, Grab, Traveloka, Tokopedia, Tiket.com, Aki, LinkAja dan lainnya.

"Ini akan dilauching di bulan Oktober ini," kata Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Setiaji dalam sebuah diskusi.

Meski demikian, kebijakan ini hanya berlaku bagi masyarakat yang tidak memiliki ponsel pintar maupun mereka yang tidak dapat mengakses aplikasi PeduliLindungi, "Ini menjawab kalau ada orang yang punya handphone terus aplikasi enggak mau instal PeduliLindungi, nah bisa menggunakan ini," jelasnya.

Setiaji mengatakan, status tes antigen, tes swab PCR, maupun sertifikat vaksin sejatinya tetap bisa teridentifikasi melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK) saat membeli tiket. Saat membeli tiket kereta misalnya, validasi sudah bisa dilakukan saat pembelian tiket.

Sementara saat naik pesawat, validasi bisa dilakukan melalui pengecekan NIK di bandara dan akan muncul status bila layak bepergian atau tidak. Semua itu akan berlaku mulai Oktober 2021.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 88 Tahun 2021 yang ditetapkan sejak 21 Oktober 2021, penumpang pesawat wajib melakukan tes PCR sebelum terbang. Aturan tersebut berlaku mulai Minggu, 24 Oktober 2021....
  • HOT !
    Pengaruh Korea Selatan yang besar dalam hal musik, film hingga makanan dirasakan luas menyebar ke seluruh dunia. Bahkan Oxford English Dictionary (OED) mencatat 26 kosakata Korea baru....
  • HOT !
    Squid Game bukan sekedar serial yang menampilkan permainan masa kecil yang mematikan dengan hadiah melimpah. Namun, juga menyinggung realita kerasnya hidup di Korea Selatan, khususnya soal hidup dengan utang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)