home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Lepas dari Zona Merah Covid-19, Warga Diminta Waspada Gelombang Ketiga

Rabu, 22 September 2021 19:15 by rizaluthfiah | 739 hits
Indonesia Lepas dari Zona Merah Covid-19, Warga Diminta Waspada Gelombang Ketiga
Image Source : The Jakarta Post

DREAMERS.ID - Kabar baik bagi tanah air di tengah pandemi ini, di mana jumlah zona merah Covid-19 di Indonesia kini sudah nihil alias tidak ada. Dan sekarang sudah memasuki ke dalam zona oranye, kuning dan hijau berdasarkan data covid19.go.id per 19 September 2021.

Satu-satunya kabupaten-kota yang masuk ke dalam zona merah Covid-19 pada pekan lalu adalah Kota Banda Aceh. Kini sebagain besar wilayah di Indonesia telah memasuki zona kuning atau zona penularan virus Corona rendah.

Namun di samping itu, masyarakat juga harus waspada dengan kemungkinan adanya gelombang ketiga. Menanggapi besarnya kemungkinan tersebut, Satgas Covid-19 menegaskan pentingnya penerapan protokol kesehatan meski laporan kasus baru harian Covid-19 di Indonesia cenderung membaik.

Seperti diketahui, perkembangan Covid-19 di Indonesia menunjukkan perbaikan. Penambahan kasus baru COVID-19 pun sudah di bawah 5.000 kasus per harinya. Kemudian per 21 September 2021, total kasus aktif Corona di Indonesia tinggal tersisa 52.447 pasien.

"Third wave (gelombang ketiga) ini bukan hal tidak mungkin. Bahkan besar kemungkinan bisa terjadi bila masyarakat tidak taat protokol kesehatan. Jadi tentu kampanye yang akan kami terus-menerus serukan kepada masyarakat adalah ayo pakai masker, dijaga jaraknya, dijaga kebersihannya," terang anggota Satgas Penanganan COVID-19 Sub Bidang Mitigasi, dr Fala Adinda.

Ia optimistis, meski besar kemungkinan gelombang ketiga COVID-19 terjadi di RI, kondisi tersebut masih bisa dicegah. Tak lain, dengan penerapan protokol kesehatan secara merata di seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya, dengan mencegah terbentuknya kerumunan.

"Juga dari mobilitas yang tidak diperlukan, jauhi keramaian. Jika itu semua bisa konsisten, dilakukan di seluruh lapisan masyarakat, mudah-mudahan third wave tidak terjadi," pungkas dr Fala.

Di Pulau Jawa-Bali sendiri tidak ada wilayah yang masuk ke dalam kategori PPKM Level 4. Berikut daftar kabupaten-kota di Indonesia yang masih masuk ke dalam zona oranye Covid-19, dilansir dari Detik Health.

Sumatera Utara

1. Kota Tebing Tinggi
2. Kota Tomohon

Sulawesi Tengah

3. Donggala
4. Parigi Moutong

Sulawesi Selatan

5. Tana Toraja
6. Luwu Timur

Papua

7. Mappi
8. Puncak

Nusa Tenggara Timur

9. Belu

Kepulauan Bangka Belitung

10. Bangka Tengah
11. Kota Pangkalpinang
12. Bangka
13. Belitung Timur

Kalimantan Utara

14. Tana Tidung
15. Bulungan

Kalimantan Timur

16. Berau
17. Kota Bontang

Jawa Tengah

18. Banyumas

DI Yogyakarta

19. Bantul

Bali 

20. Badung
21. Gianyar
22. Bangli
23. Kota Denpasar

Aceh

24. Aceh Barat Daya
25. Pidie Jaya
26. Pidie
27. Aceh Jaya
28. Nagan Raya
29. Aceh Selatan
30. Kota Banda Aceh
31. Aceh Utara

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Pelik dan viralnya kasus selebgram Rachel Vennya yang kabur dari proses karantina usai bepergian ke Amerika Serikat semakin bergulir panjang. Hari ini, ibu dua anak itu menyambangi Polda Metro Jaya untuk memenuhi panggilan dan menjalani proses penyelidikan....
  • HOT !
     Seiring berkembangnya peraturan dan pilihan, fleksibilitas kegiatan vaksinasi COVID 19 pun makin beragam dan memudahkan. Kini, warga Indonesia yang memiliki KTP Non DKI sudah bisa vaksin Di Jakarta dengan vaksin merek apa pun! Dan perlu dicatat, Vaksin ini hanya berlaku untuk dosis vaksin pertama dan kedua....
  • HOT !
    Terlepas dari permukaan air laut yang naik, laut Jakarta juga tengah menghadapi fakta adanya pencemaran paracetamol. Seberapa bahaya cemaran kandungan obat tersebut bagi warga maupun hewan sekitar?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)