home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pria Korea Beberkan Sisi Gelap Wajib Militer, Serial D.P Sesuai Kenyataan?

Selasa, 07 September 2021 13:00 by rizaluthfiah | 659 hits
Pria Korea Beberkan Sisi Gelap Wajib Militer, Serial D.P Sesuai Kenyataan?
Image Source: Netflix

DREAMERS.ID - D.P merupakan series terbaru dari Netflix yang dirilis pada 27 Agustus 2021 lalu, yang merupakan nama unit Deserter Pursuit dari Polisi Militer. Meski diadaptasi dari webtoon, banyak yang merasa D.P terasa begitu nyata.

D.P. yang diperankan oleh Jung Hae In, Goo Kyo Hwan, hingga Kim Sung Kyun menerima respon positif secara global. Tidak hanya karena pemerannya yang bertabur bintang, tetapi juga karena plotnya yang menggambarkan wajib militer Korea Selatan.

Dari enam episode serial D.P menampilkan bagaimana para tentara yang kabur mengalami perlakukan keji selama di markas militer. Mereka disiksa secara fisik dan psikis oleh seniornya, hingga ada yang mengalami pelecehan seksual.

Apa yang digambarkan dalam serial D.P benar adanya. Melansir Koreaboo, pada tahun 2020 saja, telah dilaporkan 946 kasus kekerasan dan pelecehan di militer. Ada kasus yang tanpa pertanyaan tidak dilaporkan. D.P. secara realitis menggambarkan berbagai isu sensitif sensitif tersebut.

Pria Korea yang berusia 20-an hingga 40-an dan telah menyelesaikan tugas militer kemudian membanjiri platform media sosial dengan menceritakan pengalaman mereka sendiri soal kekerasan di militer.

"Serial itu mengingatkan saya pada semua hal yang korup, tidak adil, dan salah yang saya alami juga secara pribadi saat menjalani tugas militer saya pada hari itu," ujar seorang warga Korea, dikutip dari Koreaboo.

Menyebut D.P menjadi 'pemicu PTSD' (Post Traumatic Stress Disorder), para pria di Korea setuju bahwa penggambaran tentang dinas militer Korea sangat hiperrealistik atau nyaris seperti kenyataan.

Baca juga: Media Korea Utara Soroti Serial D.P Saat Pemerintahnya Larang Nonton Konten Korsel

Mereka yang telah mendaftar antara tahun 2000 hingga tahun 2020 semuanya menyatakan bahwa, "Tidak ada yang berubah selama beberapa dekade, Militer Korea Selatan masih penuh dengan masalah."

Seorang pria yang pernah wamil berbagi, "Saya dulu memiliki atasan yang menyiksa saya tanpa alasan. Saya ingin tahu di mana mereka sekarang... apakah mereka baik-baik saja. Serial ini mengingatkan saya pada mereka dan membuat saya penasaran." 

Sutradara Han Jun Hee sempat mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa berita tanpa henti membicarakan tentang insiden di dalam pangkalan militer adalah bukti serial D.P didasarkan pada kisah nyata.

"Hanya karena kita tidak melihatnya dengan mata kepala sendiri (atau itu terjadi pada kita) tidak berarti insiden ini tidak nyata," ujarnya.

Kim Bo Tong selaku webtoonist di balik D.P Dog Days benar-benar menyelesaikan pengabdiannya sebagai bagian dari tentara unit D.P. Di media sosialnya, ia menulis, "Serial D.P. dibuat sebagai cara untuk menantang gagasan bahwa 'segalanya menjadi lebih baik sejak itu'. Ini dihidupkan untuk membantu mereka yang masih berjuang dalam kegelapan sendirian.”

Sementara pensiunan Letnan Jenderal Angkatan Darat Korea Selatan, Chun In Bum berkomentar, "Serial ini adalah kumpulan berlebihan dari insiden paling ekstrem yang mungkin terjadi 10-15 tahun yang lalu di pangkalan di mana 'budaya militer' berada pada kondisi terburuknya."

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Kabar bahagia buat para pencinta film layar lebar, karena bioskop telah dibuka kembali pada Kamis, 16 September 2021. Namun tentunya tetap harus sesuai dengan aturan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa Bali pada 14 20 September 2021....
  • HOT !
    Pemerintah Indonesia semakin memperketat pintu masuk dari luar negeri menyusul bermunculannya mutasi virus dan juga menjaga agar angka penularan di tanah air terus menurun. Ada sejumlah syarat baru yang diterapkan bagi para pendatang internasional....
  • HOT !
    Polda Metro Jaya menerapkan crowd free night (CFN) pada empat kawasan di Jakarta dari Sudirman Thamrin Kemang SCBD setiap akhir pekan, untuk mengawal kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)