home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Keluarga Super Kaya Amerika Sudah Ramal Kejatuhan Ekonomi 2020

Selasa, 08 September 2020 11:45 by muthiasp | 8830 hits
Keluarga Super Kaya Amerika Sudah Ramal Kejatuhan Ekonomi 2020
Image source: CNBC

DREAMERS.ID - Beberapa negara di dunia sudah memasuki ambang resesi atau kejatuhan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi virus corona atau COVID-19. Rupanya sudah banyak orang kaya yang memprediksi resesi akan terjadi di tahun 2020 dan bersiap menyelamatkan kekayaannya.

Melansir CNBC via Kontan.co.id, menurut survei UBS pada September 2019 terhadap 360 keluarga super kaya global dengan kekayaan keluarga rata-rata US$ 1,2 miliar (Rp 17,7 triliun), sekitar 55 persen keluarga kaya melihat akan terjadi resesi pada tahun 2020.

Untuk mengurangi risiko, 45 persen keluarga kaya sudah menyesuaikan portofolionya, termasuk beralih ke obligasi dan real estat, sementara 42 persen lainnya meningkatkan cadangan kas mereka.

“Kami sangat berhati-hati, bahkan dengan kondisi pasar sekarang kami merasa tidak nyaman,” kata seorang responden survei yang merupakan mitra pengelola di kantor multifamily di Amerika Utara seperti yang dikutip CNBC pada September 2019 lalu.

Faktor lainnya yang membuat para keluarga kaya itu bersiap untuk resesi adalah perang dagang yang meningkat antara Amerika Serikat dan Cina. Lalu terjadinya inversi kurva imbal hasil, fenomena pasar obligasi yang secara historis memprediksi penurunan ekonomi. Serta investor dan ekonom terkenal termasuk Jeffrey Gundlach dan David Rosenberg memperingatkan tentang risiko resesi yang meningkat.

Sementara itu, data menunjukkan sudah ada 18 negara yang mengalami resesi di kuartal kedua tahun 2020, yaitu Singapura, Korea Selatan, Filipina, Thailand, Hongkong, Jepang, Jerman, Amerika Serikat, Swiss, Kanada, Prancis, Italia, Inggris, Malaysia, Polandia, Spanyol, Australia, dan Brasil.

(mth)

Komentar
  • HOT !
      Setiap tahun, majalah TIME menerbitkan daftar 100 orang yang dianggap paling berpengaruh. Tidak mudah untuk masuk ke dalam daftar itu, karena semua yang terpilih dikatakan telah mengubah dunia dengan cara tertentu, terlepas dari konsekuensinya....
  • HOT !
    Belakangan ini hujan lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Belum berakhir, BMKG memberikan peringatan bahwa cuaca ekstrem akan melanda hampir seluruh Indonesia selama sepekan ke depan....
  • HOT !
    Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID 19 saat ini tengah mengembangkan teknologi masker kain yang memiliki lapisan sebanyak 5 lapis, untuk mencegah penyebaran virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)