home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

BTS Ditaksir Bawa Dampak Ekonomi Senilai 21 Triliun Hanya dengan ‘Dynamite’

Senin, 07 September 2020 15:00 by fzhchyn | 526 hits
BTS Ditaksir Bawa Dampak Ekonomi Senilai 21 Triliun Hanya dengan ‘Dynamite’
Image source: Big Hit Entertainment

DREAMERS.ID - Pemerintah Korea melalui Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata memperikirakan bahwa dampak ekonomi senilai 1,7 triliun won (sekitar 21 triliun rupiah) akan tercipta dari penaklukan BTS atas chart Billboard Hot 100 yang fenomenal.

Seperti diketahui, pada minggu lalu, BTS berhasil menduduki puncak chart bergengsi Billboard itu dengan lagu berbahasa Inggris pertama mereka ‘Dynamite’, menjadikannya sebagai grup Korea pertama yang mencapai prestasi tersebut.

Menurut laporan yang diterbitkan bersama oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata serta Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea, pencapaian tersebut diproyeksikan untuk menghasilkan 1,23 triliun won (sekitar 15,2 triliun rupiah) yang diciptakan di sektor produksi dan nilai tambah 480 miliar won (sekitar 5,9 triliun rupiah). Sekitar lebih dari 8.000 pekerjaan juga kemungkinan akan tercipta berkat pencapaian pertama BTS di chart Hot 100.

Melansir Yonhap News, nilai tersebut diukur dengan pendapatan gabungan dari agensi yang menaungi grup, Big Hit Entertainment, bea cukai dan statistik bank sentral, serta data Google Trend. Studi tersebut memperkirkan bahwa Big Hit akan memperoleh 245,7 miliar (sekitar 3 triliun rupiah) dari penjualan global ‘Dynamite’, berdasarkan pendapatan dari album grup sebelumnya ‘Map of the Soul: 7’.

Baca juga: BTS Puncaki Chart 5 Tahunan Oricon Reiwa Ranking dengan 'Butter'

Ekspor barang konsumsi yang berasal dari debut ‘Dynamite’ diperkirakan meningkat 371,7 miliar won (sekitar 4,6 triliun rupiah), termasuk 276,3 miliar won (sekitar 3,4 triliun rupiah) dari penjualan kosmetik di luar negeri dan 74,1 miliar won (sekitar 920 miliar rupiah) dari makanan.

Kementerian mengatakan bahwa telah mengecualikan dampak kemenangan pada industri pariwisata lokal, seperti peningkatan pengunjung asing ke Korea Selatan, karena pandemi COVID-19 telah menganggu perjalanan ke luar negeri selama berbulan-bulan dan menyebabkan serangkaian pembatalan konser.

Pihak kementerian menambahkan bahwa dampak ekonomi yang dihasilkan oleh performa BTS yang mengesankan itu kemungkinan akan berkembang lebih jauh terkait dengan peningkatan citra dan nilai brand Korea Selatan nanti.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)