home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Tidak Buka Tes CPNS 2020, Bagaimana Tahun Depan?

Selasa, 07 Juli 2020 13:15 by muthiasp | 358 hits
Pemerintah Tidak Buka Tes CPNS 2020, Bagaimana Tahun Depan?
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Pemerintah menetapkan keputusan tidak akan membuka lowongan atau tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) selama dua tahun kedepan. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

"Tahun 2020 tidak ada penerimaan ujian CPNS, kemungkinan baru dibuka CPNS tahun 2021 dengan alokasi belum bisa ditentukan," kata Tjahjo mengutip Kompas (7/7).

Melansir Liputan6, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji menyampaikan bahwa ada kemungkinan jika lowongan PNS akan dibuka untuk tahun 2021, "Untuk 2021 masih akan dibahas. Kemungkinan masih ada. (Kalau sekolah kedinasan?) Semua masih open untuk dibahas".

Menurutnya, tes CPNS dilaksanakan atau tidak tergantung pada perimbangan anggaran pemerintah, serta disesuaikan dengan kebutuhan instansi masing-masing. Alasan lainnya juga karena proses penerimaan CPNS 2019 baru selesai, dampak dari pandemi corona.

"Alasannya, penerimaan CPNS tahun 2019-2020 baru selesai dan belum dilantik semua karena ujian wawancara dan lain-lain ditunda karena Covid-19," ujar Tjahjo Kumolo. "Maka, alokasi 2020 dialihkan untuk 2021," imbuhnya.

Lebih lanjut, Tjahjo Kumolo menyatakan seleksi CPNS formasi 2019 yang sempat tertunda akan tetap dilanjutkan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Sementara sekolah kedinasan seperti Akademi Kepolisian dan Akademi Militer tetap akan dibuka pada 2021.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)