home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Tidak Buka Tes CPNS 2020, Bagaimana Tahun Depan?

Selasa, 07 Juli 2020 13:15 by muthiasp | 235 hits
Pemerintah Tidak Buka Tes CPNS 2020, Bagaimana Tahun Depan?
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Pemerintah menetapkan keputusan tidak akan membuka lowongan atau tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) selama dua tahun kedepan. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

"Tahun 2020 tidak ada penerimaan ujian CPNS, kemungkinan baru dibuka CPNS tahun 2021 dengan alokasi belum bisa ditentukan," kata Tjahjo mengutip Kompas (7/7).

Melansir Liputan6, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji menyampaikan bahwa ada kemungkinan jika lowongan PNS akan dibuka untuk tahun 2021, "Untuk 2021 masih akan dibahas. Kemungkinan masih ada. (Kalau sekolah kedinasan?) Semua masih open untuk dibahas".

Menurutnya, tes CPNS dilaksanakan atau tidak tergantung pada perimbangan anggaran pemerintah, serta disesuaikan dengan kebutuhan instansi masing-masing. Alasan lainnya juga karena proses penerimaan CPNS 2019 baru selesai, dampak dari pandemi corona.

"Alasannya, penerimaan CPNS tahun 2019-2020 baru selesai dan belum dilantik semua karena ujian wawancara dan lain-lain ditunda karena Covid-19," ujar Tjahjo Kumolo. "Maka, alokasi 2020 dialihkan untuk 2021," imbuhnya.

Lebih lanjut, Tjahjo Kumolo menyatakan seleksi CPNS formasi 2019 yang sempat tertunda akan tetap dilanjutkan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Sementara sekolah kedinasan seperti Akademi Kepolisian dan Akademi Militer tetap akan dibuka pada 2021.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Program belajar Bahasa Korea bersama BTS bertajuk ‘Learn! KOREAN with BTS’ yang awalnya ditayangkan melalui platform Weverse akan dikembangkan dan menjadi mata kuliah di beberapa universitas di dunia....
  • HOT !
    Gilang, fetish kain jarik akhirnya berhasil ditangkap pihak kepolisian. Gilang ditangkap saat berada di kampung halamannya, Kapuas, Kalimantan Tengah pada Kamis (6/8/2020)....
  • HOT !
    Nama seorang Youtuber, Turah Parthayana mendadak menjadi sorotan. Ia dituding melakukan pelecehan seksual kepada teman perempuannya berinisial J. Kasus yang terjadi pada 2019 ini diangkat lewat utasan di Twitter....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indeenski
Cast : Baekhyun, Chanyeol, Irene

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)