home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Konflik dengan Korsel Memanas Usai Korut Hancurkan Gedung Kantor Penghubung Antar-Korea

Rabu, 17 Juni 2020 14:15 by muthiasp | 7688 hits
Konflik dengan Korsel Memanas Usai Korut Hancurkan Gedung Kantor Penghubung Antar-Korea
Image source: Yonhap News

DREAMERS.ID - Konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan memanas menyusul aksi peledakan yang menghancurkan gedung kantor penghubung antar-Korea oleh Korea Utara, yang terletak di kota perbatasan Kaesong, pada Selasa (16/6).

Melansir laman CNN Indonesia, insiden itu terjadi tiga hari setelah Kim Yo Jong, adik Kim Jong Un, memperingatkan akan menghancurkan bangunan itu sebagai bentuk protes atas sikap pemerintah Korsel yang dinilai gagal menghentikan pengiriman selebaran yang dinilai menghasut dengan balon udara di kawasan perbatasan oleh aktivis konservatif.

Korea Utara juga dilaporkan akan membangun pos pemantauan perbatasan di lahan bekas gedung, mengerahkan pasukan tentaranya ke Kaesong dan Gunung Kumgang, serta "melanjutkan semua jenis latihan militer reguler" di dekat perbatasan.

"Pemerintah Korea Selatan menyatakan sangat kecewa dengan sikap Korea Utara yang menghancurkan gedung kantor penghubung antar-Korea. Kami menyatakan akan mengambil tindakan tegas jika Korea Utara melakukan sesuatu dan memperburuk situasi," kata Wakil Direktur Badan Keamanan Nasional Korsel (Cheong Wa Dae), Kim Yu Geun, seperti dikutip dari Yonhap.

Baca juga: Punya Rumah Mungil Jadi Tren Baru Pasangan Muda Korea Selatan

Gunung Kumgang dan Kawasan Industri Kaesong merupakan dua situs yang menjadi simbol pemulihan hubungan Korut-Korsel. Dalam perjanjian yang ditandatangani kedua pemimpin negara pada 2018 lalu, Korut-Korsel sepakat mengembangkan kembali dua situs tersebut untuk dikelola bersama.

Wakil Menteri Penyatuan Korea, Suh Ho, menyesalkan dan menyebut situasi saat ini seperti mundur ke masa sebelum penandatangan Deklarasi Bersama pada 15 Juni 2000. Serta melanggar hak kepemilikan rakyat dari kedua negara.

"Korea Utara harus bertanggung jawab terkait hal ini dan kami mendesak mereka untuk berhenti membuat situasi menjadi lebih buruk," kata Suh Ho, mengutip CNN Indonesia.

(mth)

Komentar
  • HOT !
      Setiap tahun, majalah TIME menerbitkan daftar 100 orang yang dianggap paling berpengaruh. Tidak mudah untuk masuk ke dalam daftar itu, karena semua yang terpilih dikatakan telah mengubah dunia dengan cara tertentu, terlepas dari konsekuensinya....
  • HOT !
    Belakangan ini hujan lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Belum berakhir, BMKG memberikan peringatan bahwa cuaca ekstrem akan melanda hampir seluruh Indonesia selama sepekan ke depan....
  • HOT !
    Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID 19 saat ini tengah mengembangkan teknologi masker kain yang memiliki lapisan sebanyak 5 lapis, untuk mencegah penyebaran virus corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)