home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sosok Nadhira Nuraini Afifa, Lulusan Harvard Asal Indonesia yang Sangat Menginspirasi

Senin, 08 Juni 2020 11:45 by muthiasp | 34530 hits
Sosok Nadhira Nuraini Afifa, Lulusan Harvard Asal Indonesia yang Sangat Menginspirasi
Image source: @nadhiraafifa

DREAMERS.ID - Nama Nadhira Nuraini Afifa belakangan menjadi perbincangan hangat karena prestasinya yang luar biasa di bidang akademik. Ia terpilih menjadi student speaker mewakili angkatannya yang lulus dari Harvard School of Medicine tahun 2020, melalui wisuda online.

Sebelum menempuh pendidikan master di Department of Global Health and Population, Harvard T.H. Chan School of Public Health, Nadhira merupakan lulusan fakultas kedokteran Universitas Indonesia. Kemudian, ia lolos beasiswa LDPD (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) ke Harvard.

 

Nadhira dibesarkan oleh ibu yang berasal dari keluarga petani dengan 11 saudara. Sang ibu yang menjadi inspirasinya untuk terus bercita-cita tinggi. Dalam pidatonya, ia mengatakan, "Mama mengajarkan saya pelajaran penting dalam hidup: Bermimpilah tinggi, karena satu-satunya batasan kita adalah pikiran kita".

Nadhira yang lulus dari konsentrasi Nutrisi melalui berbagai tahap, mulai dari seleksi tertulis sampai video, hingga bimbingan dari dosen di Harvard, untuk akhirnya bisa menjadi wakil dari angkatannya berpidato di momen wisuda online.

 

Menurutnya, jurusan Kesehatan Masyarakat memberi kita hak istimewa untuk menyelamatkan kehidupan jutaan orang dan meningkatkan kesehatan serta umur panjang generasi sekarang dan generasi yang akan datang. "Hanya melalui Kesehatan Masyarakat kita dapat melihat sekarang seluruh negara melupakan perbedaan mereka dan mengumpulkan sumber dayanya," ujarnya.

 

Nadhira diketahui ikut dalam beragam proyek yang berhubungan dengan anak-anak kekurangan gizi, terutama stunting di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Awal tahun ini, dia berkesempatan mengunjungi Tanzania untuk menangani masalah gizi buruk di kalangan remaja sekolah di Kota Dodoma bersama beberapa mahasiswa Harvard lainnya.

 

Jika dilihat dari Instagram pribadinya, Nadhira punya hobi travelling ke berbagai tempat di Indonesia maupun luar negeri. Ia juga aktif mengikuti acara-acara penting seperti Congress Indonesian Diaspora di Jakarta. Sepertinya Nadhira juga penyuka musik K-Pop nih. Well, congrats Nadhira!

 

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Program belajar Bahasa Korea bersama BTS bertajuk ‘Learn! KOREAN with BTS’ yang awalnya ditayangkan melalui platform Weverse akan dikembangkan dan menjadi mata kuliah di beberapa universitas di dunia....
  • HOT !
    Gilang, fetish kain jarik akhirnya berhasil ditangkap pihak kepolisian. Gilang ditangkap saat berada di kampung halamannya, Kapuas, Kalimantan Tengah pada Kamis (6/8/2020)....
  • HOT !
    Nama seorang Youtuber, Turah Parthayana mendadak menjadi sorotan. Ia dituding melakukan pelecehan seksual kepada teman perempuannya berinisial J. Kasus yang terjadi pada 2019 ini diangkat lewat utasan di Twitter....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indeenski
Cast : Baekhyun, Chanyeol, Irene

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)