home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Berita Jenazah 3 ABK Indonesia yang Dibuang ke Laut Lepas

Rabu, 06 Mei 2020 21:05 by muthiasp | 1086 hits
Heboh Berita Jenazah 3 ABK Indonesia yang Dibuang ke Laut Lepas
Image source: MBC News

DREAMERS.ID - Pada Selasa (5/5), MBC News memberitakan bahwa ada tiga orang asal Indonesia yang bekerja sebagai anak buah kapal Cina, meninggal dunia dan jenazahnya dibuang ke laut. Kabar itu sontak menghebohkan publik.

Dari video yang ditayangkan MBC, terlihat beberapa awak kapal berkerumun di depan kantong jenazah berwarna orange. Setelah itu, mereka melempar kantong itu ke laut, yang tidak diketahui pasti titik lokasinya.

Yannie Kim, WNI yang sudah lama tinggal di Korea Selatan membantu menjelaskan kabar tersebut. Melalui video yang diunggah di akun Youtube-nya, ia mengatakan, "Terjemahannya dari berita itu kurang lebih seperti ini ya guys. Diberitakan 3 ABK berasal dari Indonesia meninggal di dalam lingkungan kerja yang sangat tidak layak yaitu di kapal laut Longxing milik Cina".

Sambil membaca berita aslinya, Yannie Kim menjelaskan bahwa ada ketiganya dibuang ke laut tanpa prosedur yang seharusnya. Ketiga ABK itu mengalami sakit yang serupa yaitu dada sakit dan sesak nafas, namun tidak diperbolehkan ke dokter.

Baca juga: Kesaksian ABK Indonesia Ungkap Perlakuan Kejam di Kapal Cina yang Buang Jenazah Rekannya ke Laut

Identitas ABK itu adalah Sefri (24 tahun) meninggal pada 21 Desember 2019 dan jenazahnya langsung dibuang ke laut. Kemudian Al-Fattah (19 tahun), dan Ari (24 tahun) meninggal pada 30 Maret 2020.

Hal itu melanggar perjanjian surat pekerja yang menyebutkan jika ABK meninggal di atas kapal saat berlayar maka jenazah akan dikremasi di tempat kapal bersandar, dengan catatan abunya akan dikembalikan ke negara asal.

Jang Hansol pemilik akun Youtube Korea Roemit juga mengunggah video penjelasan tentang berita tersebut. Berdasarkan keterangannya, MBC mendapatkan informasi nasib nahas tiga ABK itu saat kapal Longxing sedang berlabuh di Busan, di mana ABK asal Indonesia lain berusaha meminta bantuan kepada pemerintah Korea.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)