home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wilayah di Indonesia yang Sudah Tetapkan Status Darurat Virus Corona, Termasuk Jakarta

Sabtu, 21 Maret 2020 12:25 by zia92 | 3899 hits
Wilayah di Indonesia yang Sudah Tetapkan Status Darurat Virus Corona, Termasuk Jakarta
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Laporan terakhir pada Jumat (20/3) sore, total pasien corona di Indonesia mencapai 369 orang dengan 32 di antaranya meninggal dunia. Menyikapi situasi ini, beberapa wilayah di tanah air sudah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB).

Penetapan ini merupakan kewenangan kepala daerah seiring instruksi Presiden kepada kepala daerah untuk menetapkan status gawat darurat terkait Covid-19 untuk daerahnya masing-masing. Berikut adalah empat wilayah yang telah menetapkan status KLB virus corona.

1. Solo

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) beberapa jam setelah dua pasien isolasi RSUD dr Moewardi dinyatakan positif Covid-19. Rudy mengaku tak berkoordinasi dahulu dengan pemerintah pusat untuk membuat kebijakan itu.

"Tidak perlu (koordinasi), kita ambil kebijakan sendiri. Perkara saya disalahkan, selama yang menyalahkan orang waras (sehat) nggak apa apa. Tapi kalau disalahkan orang sakit (terpapar virus) itu kita ya sakit," kata Rudy di rumah dinas Loji Gandrung, Minggu (15/3).

2. Banten

Gubernur Banten Wahidin Halim meningkatkan status pandemi virus corona di wiilayahnya menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB). Status ini ditetapkan menyusul penyebaran wabah virus Corona yang semakin meluas. "Gubernur menetapkan status KLB atas wabah virus Corona di Banten," kata Wahidin dalam keterangan resmi ke wartawan, Minggu (15/3).

Baca juga: Kata Anji Soal Video Obat Corona Hadi Pranoto yang Kini Dihapus Youtube

3. Kalimantan Barat

Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menetapkan Corona sebagai KLB. Sutarmidji mengatakan ada dua kasus positif Corona di wilayahnya. Ia menyampaikan hal itu lewat akun Instagram-nya, @bang.midji, Rabu (18/3).

Sutarmidji mengatakan penetapan status KLB itu agar bisa menekan angka positif Corona. "Untuk lebih fokus mengajak masyarakat menjaga kebugarannya serta bergaya hidup sehat dan menekan angka positif Corona, maka dengan 2 kasus positif saya putuskan Kalbar KLB (kejadian luar biasa) Corona," kata Sutarmidji.

4. DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi menetapkan status tanggap darurat di Provinsi DKI Jakarta terkait bencana pandemi virus corona. Penetapan status tersebut dilakukan setelah bekas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat nasional. 

"Pada hari ini kita menetapkan bahwa Jakarta ditetapkan sebagai tanggap darurat bencana wabah covid-19," kata Anies dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta yang disiarkan akun Facebook Pemprov DKI, Jumat (20/3). 

Anies menyampaikan, status Jakarta sebagai tanggap darurat bencana Covid-19 ditetapkan selama 14 hari ke depan. Status tersebut pun bisa diperpanjang sesuai dengan kondisi ke depan. Selain itu, Anies menambahkan, alasan penetapan status tanggap darurat bencana Covid-19 di Jakarta ini karena melonjaknya pasien positif corona di Ibu Kota. 

(fzh/Detik/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diam diam melaporkan dua akun Instagram @ito.kurnia dan @an7a_s679 ke Polda Metro Jaya atas kasus pencemaran nama baik. Kedua akun tersebut menghina istrinya Puput Nastiti Devi serta keluarga....
  • HOT !
    Tata cara ibadah haji tahun 2020 ini tentu berbeda dari sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi corona atau COVID 19, dengan protokol khusus dan jemaah yang tidak seramai biasanya....
  • HOT !
    Presiden Jokowi disebutkan menjalani tes swab Polymerase Chain Reaction atau PCR pada hari ini, Jumat (24/7) sore. Hal ini dikatakan setelah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif virus corona atau COVID 19....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)