home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Sinyal Misterius yang Rutin Dikirim dari Luar Angkasa ke Bumi, Apa Kata Ilmuwan?

Jumat, 14 Februari 2020 11:50 by muthiasp | 4340 hits
Ada Sinyal Misterius yang Rutin Dikirim dari Luar Angkasa ke Bumi, Apa Kata Ilmuwan?
Image source: techchruch

DREAMERS.ID - Sudah lama muncul rumor terkait dengan adanya makhluk lain yang hidup di luar angkasa, dan bahkan siap menginvasi bumi. Baru-baru ini, kabarnya Bumi kerap dikirimkan sinyal misterius dari luar angkasa tepatnya galaksi yang jaraknya sangat jauh.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, Peneliti dari Canadian Hydrogen Intensity Mapping Expreiment (CHIME) FBRs menemukan bahwa adanya pola detak ledakan yang terjadi setiap 16 hari. Selama empat hari, sinyal akan melepaskan satu atau dua detakan setiap jam, kemudian akan kembali hening selama 12 hari, diamati pada 16 September 2018 hingga 30 Oktober 2019.

Sebagai informasi, FRBs adalah detakan atau pancaran gelombang radio dalam hitungan milidetik di luar angkasa. Setiap pancaran gelombang radio ada yang terjadi satu kali, namun ada juga yang beberapa kali dan sporadis. Sejak penemuan FRB, semakin banyak penemuan dari luar angkasa.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Astronaut Buang Air di Luar Angkasa

Tahun lalu, CHIME mendeteksi adanya delapan detakan sinyal radio cepat yang berulang. Adapun sinyal radio misterius itu, pertama kali dideteksi pada 2007 di bagian langit tertentu dan memancarkan banyak kilatan ke bumi.

Belum ada ilmuwan yang berhasil memecahkan misteri sinyal dari luar angkasa tersebut. Ada yang menyebut itu merupakan sistem bintang biner tipe OB berisi bintang masif dan inti bintang super padat bernama bintang neutron. Ada juga studi yang menyebut bahwa sinyal itu merupakan kobaran bintang neutron bermagnet tinggi yang ditulis dengan istilah magnetar.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)