home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sah! Akhirnya DKI Jakarta Mulai Larang Penggunaan Plastik Juli 2020 Mendatang

Selasa, 07 Januari 2020 15:38 by manachemvr | 789 hits
Sah! Akhirnya DKI Jakarta Mulai Larang Penggunaan Plastik Juli 2020 Mendatang
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Penggunaan kantong plastik yang merugikan alam saat ini meningkatkan rasa kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan. Salah satunya dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang telah mengeluarkan peraturan gubernur terkait pelarangan penggunaan kantong plastik.

Pergub larangan kantong plastik ini rencananya akan mulai dilakukan bulan Juli 2020. Adapun pemberlakuan pelarangan ini termasuk di pusat perbelanjaan seperti mal, swalayan, hingga pasar.

"Peraturan Gubernur ini mulai berlaku 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal diundangkan," demikian bunyi pasal 30 seperti dikutip dari Detik.

Menurut Dinas Lingkungan Hidup DKI, sebelum akhirnya peraturan ini efektif berlaku akan dilakukan sosialisai mengenai larangan penggunaan kantong plastik. Dinas LH juga akan memberikan sanksi tegas bagi siapapun yang melanggar peraturan ini.

Baca juga: Jakarta Sudah Bukan Ibu Kota dan Alami Kekosongan Hukum Terkait Status Ibu Kota?

"Kalau di pusat perbelanjaan yang kena sanksi adalah pengelola mal begitu pula di pasar yang terkena sanksi adalah PD Pasar Jaya, sedangkan di toko swalayan yang tidak dalam mal yang terkena adalah penanggung jawab toko swalayan tersebut," kata Andono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Lebih lanjut Pergub ini mengatur setiap pusat perbelanjaan untuk wajib menggunakan kantong belanja ramah lingkungan yang dapat digunakan secara berulang. Kantong belanja tersebut dikatakan dapat terbuar dari bahan apapun seperti daun kering, kertas, kain, polyester yang memiliki ketebalan memadai dan pastinya dapat didaur ulang.

Lalu jenis kantong belanja yang dilarang penggunaannya merupakan kantong belanja plastik untuk sekali pakai. Biasanya kantong belanja plastik ini berbahan dasar plastik, thermoplastic synthetic polymeric, lateks, polimer termoplastik, polietilena, atau bahan sejenisnya.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)