home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sambangi Lokasi Normalisasi Sungai, Anies Baswedan: Nyatanya Masih Banjir

Jumat, 03 Januari 2020 13:00 by muthiasp | 7012 hits
Sambangi Lokasi Normalisasi Sungai, Anies Baswedan: Nyatanya Masih Banjir
Image source: detik

DREAMERS.ID - Jakarta juga menjadi wilayah terparah yang mengalami banjir besar di awal 2020 ini. Salah satu kawasan yang menjadi langganan banjir adalah Kampung Pulo, Jakarta Timur. Lokasi yang sudah mengalami normalisasi sungai itu pun dikunjungi oleh Anies Baswedan.

Pada Kamis (02/01) kemarin, Gubernur DKI Jakarta itu datang dan menyoroti wilayah yang sudah dilakukan normalisasi sungai, namun tetap banjir, “Di sini memang sudah dilakukan normalisasi, faktanya masih tetap terjadi banjir,” kata Anies, mengutip Detik.

Anies mengatakan bahwa masalah banjir bisa diselesaikan secara jangka panjang dengan langkah yang lebih komprehensif, terutama pengendalian air di kawasan hulu. Contohnya membangun dam, waduk, atau embung. Dengan begitu ada kolam-kolam yang mengontrol dan mengenalikan volume air.

Mantan Menteri Pendidikan itu menyebut bahwa semua itu kewenangan pemerintah pusat, dan DKI Jakarta akan fokus memastikan keselamatan warga dan pelayanan yang terjamin, “Dan bagi semua warga yang terdampak akan kami bantu semaksimal mungkin," ucapnya.

Baca juga: Respon Anies dan Ganjar yang Kompak Akan Maju Gugatan Ke MK

Anies berharap agar program pengendalian banjir yang tengah digarap bisa selesai tepat waktu, “Ini kita sangat berharap bahwa waduk yang sedang dikerjakan itu selesai tepat waktu. Karena dengan waduk yang selesai tepat waktu sesuai rencana, maka itu akan bisa mengendalikan lebih dari 30 persen air yang datang ke kawasan pesisir, kawasan muara”.

“Dengan adanya pengendalian seperti bangunan dua waduk itu, lebih banyak lagi insyaallah lebih baik dalam pengendalian air. Itu yang saya maksud komprehensif," paparnya.

Lebih lanjut menurut Anies, langkah normalisasi sungai tidak menjamin sebuah wilayah bisa bebas banjir, “Jadi gini, yang terkena banjir di berbagai wilayah. Jadi ini bukan sekadar soal yang belum kena normalisasi, nyatanya yang sudah ada normalisasi, masih terkena banjir," ujarnya dilansir dari laman Detik.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)