home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Cara Atasi Teror Ular Agar Tak Masuk Ke Dalam Rumah

Senin, 16 Desember 2019 12:00 by manachemvr | 1217 hits
Begini Cara Atasi Teror Ular Agar Tak Masuk Ke Dalam Rumah
Image source: Mongabay.co.id

DREAMERS.ID - Akhir-akhir ini ramai penemuan ular kobra di sejumlah pemukiman warga. Bahkan ular tersebut ditemukan berada di dalam rumah warga di wilayah Purwakarta.

Untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan, Aji Rahmat selaku Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia memberi beberapa tips agar masyarakat dapat mengantisipasi agar ular jenis apapun tidak masuk ke area rumah warga.

Yang harus dilakukan masyarakat adalah tetap tenang, nggak perlu khawatir sama ular karena ular itu ragamnya macam-macam, ada yang berbisa dan tidak berbisa. Kalau yang berbisa jangan dihandle pakai tangan, harus pakai alat, kalau nggak berani panggil orang yang cukup terlatih untuk menangani," kata Aji.

Sebagai hal utama, Aji menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan area rumah. Lalu akan menjadi nilai tambah jika penghuni rumah memiliki hewan peliharaan kucing atau anjing.

"Kami mengarahkan sering membersihkan area teras, dan halaman-halaman rumah, karena kalau kita lakukan aktivitas di situ ular nggak akan berani masuk ke dalam kawasan, karena dia akan terganggu," ujar Aji.

Baca juga: Rawan Gigitan Ular, Ini Daftar Rumah Sakit yang Sediakan Serum Anti Bisa Ular

Selain itu menurut Aji adalah sia-sia jika masyarakat menaburkan garam untuk mengusir ular. Garam dinilai tidak berpengaruh karena sifat ular yang tidak takut terhadap garam dan zat kimia.

"Ular nggak takut garam, karena dia bersisik tebal, kalau garam nggak ngaruh, jadi percuma tebar garam," tegasnya, melansir Detik.

Jika kamu terlanjur berpapasan dengan ular, Aji menghimbau agar kita menggunakan gaya ‘STOP’.

"STOP, silent, thinking observe, prepare. Kenapa diam? karena respons ular itu dari gerakan, kalau kita semakin banyak gerakan, ular nya jadi semakin berusaha menyerang. Justru kalau kita diam, ular akan diam lewat santai,” katanya mengakhiri.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)