SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Debat Asal Usul Agnez Mo, Ahli Ungkap Ternyata Tidak Ada Orang Asli Indonesia?

Rabu, 27 November 2019 15:16 by bellaevania | 81768 hits
Debat Asal Usul Agnez Mo, Ahli Ungkap Ternyata Tidak Ada Orang Asli Indonesia?
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - Agnez Mo tengah menjadi perbincangan hangat setelah mengaku bukan keturunan Indonesia. Lalu apa sih menurut ahli tentang keturunan asli Indonesia?

Melansir Tempo, menurut Deputi Penelitian Fundamental Eijkman Institute Herawati Sudoyo, seluruh suku yang ada di Indonesia tidak ada yang murni asli Indonesia. “Jadi moyang kita itu dulunya semua dari Afrika, lalu dia itu mengembara dan bertemu dengan cuaca, bencana dan sebagainya di situlah DNA berubah,” kata Herawati dalam acara Pameran Asal-usul Orang Indonesia di Museum Nasional, 15 Oktober 2019.

Menurut Herawati, apa yang dibicarakan mengenai asal-usul seseorang itu keluar dari DNA yang tidak bisa diubah. “DNA itu menceritakan hidup kita, memberikan informasi siapa sih identitas kita ini. Dan DNA tidak berubah sepanjang masa, jadi mau diambil dari bayi, atau diambil sekarang itu sama. Kita tidak bisa berbohong dengan DNA kita,” ujar Herawati.

Baca juga: Sama-sama Go Internasional, Ini Beda Jawaban Cinta Laura dan Agnez Mo Soal 'Darah Indonesia'

Penyanyi senior Edo Kondologit pun menyimpulkan bahwa tidak pantas diantara kita untuk merasa lebih berhak. "Di acara ini karena kita dicerahkan. Artinya, kita sadar bahwa selama ini kita kan merasa lebih pribumi, 'saya lebih berhak atas tanah Indonesia'. Ternyata kan kita semua ini pendatang,” ujar Edo Kondologit di acara yang sama.

"Hasil berdiskusi dengan Prof Herawati tadi, orang Papua itu baru ada di Papua sekitar 50.000 - 60.000 tahun yang lalu berimigrasi dari Afrika, sementara orang yang ada di Jawa, Kalimantan, Sulawesi segala macam ini kurang lebih 20.000-30.000 tahun yang lalu mereka masuk," tambah Edo.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Pembicaraan soal kemunculan Harimau Sumatera kembali mencuat setelah hewan langka itu menampakkan diri di dekat pemukiman warga di perbatasan Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru....
  • HOT !
    Erick Thohir mungkin belum genap dua bulan menjabat sebagai Menteri BUMN, namun ia sudah menyiapkan sederet gebrakan untuk bersih bersih. Selain Garuda Indonesia, masih ada enam perusahaan BUMN yang jadi targetnya....
  • HOT !
    Peredaran ganja di kalangan mahasiswa tampaknya masih sangat banyak dan jarang tersentuh. Pada 6 Desember, polisi mengungkap jaringan pengedar narkoba jenis ganja sebesar 80 kilogram di Universitas Pancasila, Jakarta Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)